Soal Teks Anekdot Kelas 10 Semester Ganjil
PILIHAN
Jawaban: D
Soal : 3
Bagian yang menunjukkan situasi awal cerita disebut ….
Jawaban: B
Jawaban: D
Kalimat yang menunjukkan abstraksi adalah…
Jawaban: A
Jawaban: A
CONTOH SOAL |
|
Susunlah anekdot berikut ini
sesuai dengan strukturnya! 1. Bu guru
pun tersenyum 2. Siapa
yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita? Tanya Bu
guru di depan kelas. 3. Bu guru
bertanya kenapa disebut hukum kantong kresek 4. Tidak
lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang 5. Hukum
kantong kresek Bu, kata anak itu. 6. Hanya
bisa menyelesaikan kasus kecil Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat. |
|
A. |
1-2-3-4-5-6 |
B. |
2-4-5-3-6-1 |
C. |
2-4-3-5-1-6 |
D. |
1-2-4-5-3-6 |
E. |
3-2-1-4-5-6 |
CONTOH SOAL |
|
Bacalah teks berikut ini! Suatu hari guru menerangkan
tentang biopori di depan kelas. “ Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah
satu usaha menghindari banjir”jelasnya. “Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian
untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto. Fotonya nanti
ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi”. Tiba-tiba seorang anak
berkomentar.”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya,
tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori
akibat sering banjir”. Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa. Pada anekdot tersebut, reaksi
yang menjadi koda adalah … |
|
A. |
Tiba-tiba seorang anak
berkomentar. |
B. |
Mendengar itu semua anak dan Bu
guru tertawa. |
C. |
Biopori itu bisa dijadikan
sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya |
D. |
Syukurlah Bu, jalan menuju rumah
saya sudah banyak bioporinya |
E. |
Fotonya nanti ditempel di buku tugas
dan berikan deskripsi |
CONTOH SOAL |
|
Bacalah teks di
bawah ini! Seorang ayah mengajari anaknya
berenang. “Aku tidak mau malu karena tidak bisa berenang ayah”, kata sang
anak. “Ayah akan ajari dari gaya tersulit sampai termudah Nak”, jawab ayahnya.
Sang anak gembira. Setelah beberapa hari latihan renang itu, sang ayah tampak
bersedih sementara sang anak tampak gembira. “Terimakasih yah, akhirnya ayah
dapat mengajari gaya berenang yang paling aku kuasai, tapi kenapa ayah
bersedih?” tanyanya. “Yang kamu kuasai itu gaya batu, Nak!” Kalimat manakah yang menunjukkan
orientasi? |
|
A. |
Seorang ayah mengajari anaknya
berenang |
B |
Aku tidak mau malu karena tidak
bisa berenang ayah”, kata sang anak. |
C. |
Ayah akan ajari dari gaya
tersulit sampai termudah Nak |
D. |
Terimakasih yah, akhirnya ayah
dapat mengajari gaya berenang yang paling aku kuasai, tapi kenapa ayah bersedih? |
E. |
Yang kamu kuasai itu gaya batu,
Nak |
CONTOH SOAL |
|
Berikut ini yang bukan ciri-ciri
teks anekdot adalah…. |
|
A. |
struktur teks
orientasi-krisis-reaksi |
B. |
memiliki pesan moral |
C. |
memiliki unsur lucu |
D. |
berbentuk cerita |
E. |
menggelitik |
CONTOH SOAL |
|
Kaidah teks anekdot meliputi…. |
|
A. |
pesan moral, kelucuan/kekonyolan,
sindiran, dan kebahasaan |
B. |
struktur, pesan moral, sindiran,
kelucuan/kekonyolan |
C. |
kelucuan/kekonyolan, sindiran,
dan kebahasaan |
D. |
pesan moral,
kelucuan/kekonyolan, sindiran |
E. |
pesan moral, sindiran, kebahasaan |
CONTOH SOAL |
|
Struktur yang harus ada dalam
teks anekdot adalah …. |
|
A. |
abstraksi-orientasi-krisis-reaksi |
B. |
orientasi-krisis-reaksi |
C. |
orientasi-krisis-koda |
D. |
orientasi-reaksi-koda |
E. |
abstraksi-reaksi-koda |
CONTOH SOAL |
|
Bacalah teks di bawah ini! Sebagian besar orang mengatakan
bahwa sayang sekali apabila program akselerasi ditutup karena program ini
sudah banyak membuat siswa berhasil menyelesaikan studi dengan cepat sampai
jenjang perguruan tinggi. Mereka mengatakan bahwa siswa-siswa dari program
akselerasi juga dapat menyesuaikan diri dengan siswa-siswa dari program
reguler. Berikut ini adalah alasan teks di
atas bukan termasuk teks anekdot, kecuali…. |
|
A. |
tidak lucu/konyol |
B. |
tidak memiliki pesan moral |
C. |
tidak memiliki konjungsi
sebab-akibat |
D. |
tidak menggunakan konjungsi
temporal |
E. |
tidak memiliki struktur
abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda |
CONTOH SOAL |
|
Bacalah teks di bawah ini! Agus : Siapa
yang kalau jalan memiliki kaki dua
dan kalau berhenti memiliki kaki empat? Sarjono : Ehm…apa, ya? Agus : Nyerah? Orang jual es dawet pakai
pikulan. Kalau dia sedang jalan, kakinya hanya dua, tapi kalau dia berhenti
kakinya empat. |
|
A. |
Tidak menyindir |
B. |
Tidak lucu/konyol |
C. |
Tidak memiliki amanat |
D. |
Tidak memiliki pesan moral |
E. |
Tidak menggunakan konjungsi
temporal |
Jawaban: E |
CONTOH SOAL |
|
Berikut ini, manakah yang
termasuk teks anekdot .… |
|
A. |
Sudah diketahui oleh semua orang
bahwa pendidikan formal itu penting. Akan tetapi, apakah seseorang akan
menjadi pemimpin sosial atau pemimpin politik yang bagus pada kemudian hari
tidak selalu ditentukan oleh pendidikan formalnya. Diyakini bahwa pengalaman
juga menjadi faktor penentu untuk menuju kesuksesan. |
B. |
Meskipun pemerintah melarang
transaksi spesies binatang langka, dalam praktiknya populasi binatang yang dilindungi
makin berkurang. Dengan beragam motif, manusia makin berusaha memiliki secara
pribadi binatang-binatang langka tersebut. Apalagi, ketika pasar domestik
atau pasar internasional berani membeli spesies binatang langka dengan harga
tinggi, makin tinggi pula pelanggaran terhadap larangan memperjualbelikan
binatang langka tersebut. |
C. |
Pertumbuhan penduduk di bumi ini
menimbulkan bertambahnya permukiman, pabrik, perkantoran, dan lain-lain.
Pembangunan permukiman, pabrik, dan perkantoran itu dilakukan dengan
memanfaatkan wilayah hutan tempat berbagai jenis binatang hidup. Ketika hutan
dirusak untuk tujuan-tujuan tersebut, habitat atau wilayah tempat
binatang-binatang itu hidup akan berkurang. Hal itu menyebabkan ketersediaan
pangan untuk binatang-binatang itu berkurang. Perubahan kondisi alam yang
demikian itu menyebabkan kepunahan beberapa spesies binatang yang hidup di
hutan tersebut. |
D. |
Program Akselerasi sangat
dibutuhkan oleh pelajar yang mempunyai ritme belajar cepat. Meskipun sering
dikatakan terlalu mahal, itu tidak berarti bahwa program ini tidak
diperlukan. |
E. |
Reuni
berlangsung di sekolah daun Irwan bertanya pada Rudi," Wah, kamu jadi
pejabat, ya?". " Kok tahu?" tanya Rudi lalu Irwan menjawab'
" Ya, tahu lah…wajahmu kan gambar uang." Mereka tertawa bersama,
hanyut dalam suasana gembira. |
CONTOH SOAL |
|
Amati teks berikut ini! |
|
Teks 1 Seekor kutu tinggal padatanduk
banteng. Setelah ada di sana sekian lama dan merasa ingin pindah, dia
kemudian bertanya pada banteng apakah sang banteng memang ingin pindah. “Aku tak tahu kapan kau datang, jawab si
banteng, “kurasa aku pun tak perlu memberi peringatan saat kau pergi.” |
|
Teks 2 Sejak bertemu dengan dia, hidupku
menjadi lebih berarti. Setiap hari aku mendapatkan wejangan-wajangan darinya.
Salah satunya adalah wejangan bagaimana cara menikmati hidup agar tidak tamak
dan selalu bersyukur. “Seandainya bisa, manusia pasti akan menggenggam
dunia,” katanya suatu saat. |
|
Teks 3 Saudara-saudara yang saya
hormati, beberapa hari yang lalu, masyarakat
sedang merayakan pesta demokrasi—memilih presiden dan wakil presiden secara
langsung. Saya berharap, siapapun yang menjadi presiden dan wakil presiden,
kita harus berlapang dada untuk menerima segala kebijakannya. Yang termasuk teks anekdot
adalah…. |
|
A. |
Teks 1 |
B. |
Teks 2 |
C. |
Teks 3 |
D. |
Teks 1 dan 2 |
E. |
Teks 2 dan 3 |
CONTOH SOAL |
|
Cerita yang lucu dan mengesankan serta singkat dan menarik, biasanya
mengenai orang penting berdasarkan kejadian sebenarnya, merupakan pengertian
dari.... |
|
A. |
Teks Eksposisi |
B. |
Teks Anekdot |
C. |
Teks Laporan Hasil Observasi |
D. |
Teks Negosiasi |
E. |
Teks Prosedur Kompleks |
CONTOH SOAL |
|
Yang merupakan unsur-unsur teks anekdot, kecuali.... |
|
A. |
Judul |
B. |
Partisipan |
C. |
Humor |
D. |
Kritik |
E. |
Pujian |
CONTOH SOAL |
|
Struktur teks anekdot yang tepat, yaitu.... |
|
A. |
Abstraksi –
Koda – Orientasi – Krisis – Reaksi |
B. |
Orientasi – Abstraksi – Reaksi – Krisis – Koda |
C. |
Abstraksi – Orientasi – Krisis – Reaksi – Koda |
D. |
Koda – Reaksi –
Krisis – Orientasi – Abstraksi |
E. |
Reaksi – Abstraksi
– Krisis – Orientasi – Koda |
CONTOH SOAL |
|
Bagian terjadinya masalah atau hal unik dalam
struktur teks anekdot disebut.... |
|
A. |
Krisis |
B. |
Abstraksi |
C. |
Koda |
D. |
Reaksi |
E. |
Orientasi |
CONTOH SOAL |
|
Bagian akhir
dari cerita dalam struktur teks anekdot disebut.... |
|
A. |
Abstraksi |
B. |
Orientasi |
C. |
Krisis |
D. |
Reaksi |
E. |
Koda |
CONTOH SOAL |
|
Seorang dosen
fakultas hukum suatu universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana. Kutipan kalimat
diatas merupakan salah satu bagian dari struktur teks anekdot, yaitu.... |
|
A. |
Koda |
B. |
Krisis |
C. |
Reaksi |
D. |
Abstraksi |
E. |
Orientasi |
CONTOH SOAL |
|
Saat sesi tanya
jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” Pak
dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad. “Saudara
Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan
tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak ...!” Kutipan
paragraf diatas merupakan salah satu bagian dari struktur teks anekdot,
yaitu.... |
|
A. |
Abstraksi |
B. |
Krisis |
C. |
Koda |
D. |
Reaksi |
E. |
Orientasi |
CONTOH SOAL |
|
Kelas kembali berlangsung normal. Kutipan kalimat
diatas merupakan salah satu bagian struktur teks aneksot, yaitu.... |
|
A. |
Abstraksi |
B. |
Orientasi |
C. |
Koda |
D. |
Krisis |
E. |
Reaksi |
CONTOH SOAL |
|
Yang merupakan
tujuan penulisan teks anekdot, yaitu.... |
|
A. |
Memberi
petunjuk |
B. |
Memberi
argumentasi |
C. |
Membuat bingung |
D. |
Menghibur |
E. |
Menganalisis |
CONTOH SOAL |
|
Sindiran dalam
teks anekdot dapat diungkapkan dengan antonim. Pasangan kata dibawah ini yang
merupakan antonim, kecuali.... |
|
A. |
Benar – Salah |
B. |
Adil – Tidak
adil |
C. |
Kaya – Miskin |
D. |
Rajin – Malas |
E. |
Target – Sasaran |
CONTOH SOAL |
|
Anekdot yaitu jenis
teks yang berisi .... lucu, konyol, atu menjengkelakan seabgai akibaat dari
krisis yang di tanggapi dengan reaksi, adalah..... |
|
A. |
Jawaban-jawaban |
B. |
Pertanyaan-pertanyaan |
C. |
Peristiwa-peristiwa |
D. |
Kalimat-kalimat |
E. |
Sanggahan- sanggahan |
CONTOH SOAL |
|
Ciri-ciri anekdot
yaitu, kecuali.... |
|
A. |
Bersifat menyindir |
B. |
Lucu |
C. |
Membuat sebagian
orang tersinggung |
D. |
Menjengkelkan |
E. |
Membosangkan |
CONTOH SOAL |
|
..... merupakan
suatu riangkasan yang lengkap dan menjelaskan keseluruhan isi artikel
ilmiah dan di tempatkan pada bagian awal artikel ilmiah. Adalah pengertian
dari.... |
|
A. |
Koda |
B. |
Krisis |
C. |
Abstraksi |
D. |
Orientasi |
E. |
Reaksi |
CONTOH SOAL |
|
Persyaratan yang
harus dimiliki oleh seseorang untuk bernegosiasi, adalah.... |
|
A. |
Banyak kawan |
B. |
Ditakuti oleh pihakk
lawan |
C. |
Banyak berbicara
yang tidak jelas |
D. |
Mempunyai kemampuan
berkomunikasi |
E. |
Acuh- tak acuh |
Teks
bacaan untuk KUHP
Dalam Anekdot Seoraang
dosen fakultas hukum suatu universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana.
suasana kelas biasa-biasa saja. Saat
sesi tanya-jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen.”apa kepanjangan KUHP
pak?” pak dosen tiba menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad.
“Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan saudara Ali tadi,” pinta pak dosen.
Dengan tegas Ahmad mejawab, “Kasih Uang Habis Perkara, pak...!” Mahasiswa
lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng–gelengkan kepala
seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad. “Saudara Ahmad, dari mana saudara
tahu jawaban itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas,
“Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, pak.”.
Semua mahasiswa dikelas itu tercengang. Mereka berpandang pandangan. Lalu,
mereka tertawa terbahak-bahak. Gelak
tawa mereda. Kembali berlangsung normal. |
CONTOH SOAL |
|
Pada teks bacaan
diatas tentukanlah pada paragraf berapakah yang termasuk struktur teks
abstraksi, adalah ... |
|
A. |
Paragraf 1 |
B. |
Paragraf 2 |
C. |
Paragraf 3 |
D. |
Paragraf 4 |
E. |
Paraagraf 2 dan 4 |
CONTOH SOAL |
|
Pada kalimat,
“Mahasiswa tercenggang dan tertawa, sedangkan dosen menggeleng-gelengkan
kepala (paragraf 3)”, adalah termasuk kalimat struktur teks.... |
|
A. |
Orientasi |
B. |
Abstraksi |
C. |
Koda |
D. |
Krisis |
E. |
Reaksi |
CONTOH SOAL |
|
Pada kalimat dibawah
ini pilihllah mana yang termasuk kalimat struktur teks orientasi adalah.... |
|
A. |
Seorang dosen
memberikan kulih hukum pidana (paragraf 1) |
B. |
Suasana kelas
biasa-bisa saja (paragraf 1) |
C. |
Dengan tegas ahmad
menjawab, “ Kasih Uang Habis Perkara, pak...! (paragraf 2) |
D. |
Lalu, mereka tertawa
terbahak-bahak. (paragraf 3) |
E. |
Kelas kembali
berlangsung normal ( paragraf 4) |
CONTOH SOAL |
|
Siapakah partisipan
yang digambarkan dalam anekdot tersebut, adalah |
|
A. |
Pak dosen |
B. |
Ali |
C. |
Ahmad |
D. |
Ali dan Ahmad |
E. |
Pak Dosen dan Ali |
Esai
1. Apakah yang membuat teks KUHP dalam
anekdot di golongkan ke dalam teks Anekdot?
2. Ciri-ciri apa saja yang menandai teks
anekdot?
3. Siapakah partisipan yang digambarkan dalam
KUHP dalam anekdot?
4. Apakah cerita pada anekdot itu betul-betul
terjadi atau hanya rekaan?
5. Seandainya cerita itu betul-betul terjadi,
beranikah mahasiswa menjawab pertanyaan dosennya dengan tidak serius?
Jawaban
1. Karena
seperti ciri ciri anekdot yaitu lucu, menyindir, mengandung kritikan, faktual
(nyata), ada pesan yg terkandung, membuat jengkel atau konyol.
2. Lucu, menarik, singkat, dan
agak bersifat menyindir.
3. Partisipan
dalam anekdot tersebut: dosen dan mahasiswa atau bisa juga pengamat dan
penegak hukum di suatu negara.
4. Sebagian
besar rekaan. namun ada pula yg diambil dari kehidupan nyata namun diubah
sebagian jalan cerita.
5. Kembali
kepada mahasiswanya, berani atau tidak. jika berani apa salahnya dan apalagi
jika dosennya baik hati