PILIHAN
1 |
Cerpen adalah
salah satu karya sastra yang berbentuk … |
|
A |
bait |
|
B. |
baris |
|
C. |
dialog |
|
D. |
prosa |
|
E. |
nonfiksi |
2 |
Salah satu
hal yang membedakan cerpen dan puisi adalah … |
|
A |
Adanya alur |
|
B. |
Adanya tema |
|
C. |
Adanya amanat |
|
D. |
Adanya imajinasi |
|
E. |
Adanya gaya
bahasa |
3 |
Pernyataa di
bawah ini yang menunjukkan perbedaan cerpen dan novel adalah …. |
|
A |
Novel tidak
ada konflik sedangkan cerpen ada konflik |
|
B. |
Novel tidak berbentuk prosa sedangkan cerpen berbentuk prosa |
|
C. |
Novel bercerita tentang seorang tokoh sedangkan cerpen bercerita tentang
pengalaman hidup |
|
D. |
Cerpen bercerita tidak sampai menimbulkan perubahan nasib, sementara
novel sebaliknya. |
|
E. |
Cerpen dan novel masing-masing mempunyai tema |
4 |
Salah satu
unsur Instrinsik cerpen adalah … |
|
A |
Klimaks |
|
B. |
Latar/Setting |
|
C. |
Sajak |
|
D. |
Typografi |
|
E. |
Suspens |
|
|
|
|
5 |
Salah satu
unsur Ekstrinsik cerpen adalah |
|
A |
Gaya
penyampaian cerita |
|
B. |
Penokohan |
|
C. |
Latar Budaya
Pengarang |
|
D. |
Tanggapan
pembaca |
|
E. |
Tampilan
ilustrasi cerpen |
|
|
|
|
“Hanya itu
alasan Mama melarang Anisa menikah dengan Handoko?” Bibir Anisa menyinggung
sinis. “Oh, alangkah piciknya pikiran Mama! Lalu apa artinya kemuliaan hati
Mama selama ini yang Anisa kagumi? Padahal dulu Mama tidak pernah
mempermasalahkan status Handoko yang ternyata belum mempunyai pekerjaan
tetap. Demikian kakakku yang selama ini mendukungku sekarang berbalik arah. |
||
6 |
Konflik yang
terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah … |
|
A |
Anisa dan
Handoko tidak jadi menikah. |
|
B. |
Anisa
dilarang menikah oleh Mama dan kakaknya. |
|
C. |
Mama yang
berpikiran picik terhadap Handoko. |
|
D. |
Keinginan
Mama agar Anisa hidup bahagia. |
|
E. |
Kakak tidak
mendukung pernikahan Anisa dengan Handoko. |
7 |
Penyebab
konflik pada kutipan cerpen di atas adalah … |
|
A |
Status
Handoko yang sudah mempunyai istri. |
|
B. |
Mama yang
menginginkan menantu orang kaya. |
|
C. |
Handoko yang
belum mempunyai pekerjaan tetap. |
|
D. |
Mama yang
mempersalahkan masa lalu Handoko. |
|
E. |
Mama melarang
Anisa menikah dengan Handoko. |
Dua kegagalan
yang lalu berakhir ketika aku diterima di jurusan bahasa Inggris. Kutekuni
masa pendidikan tinggi dengan sepenuh hati.
Kendala finansial mendorong ku untuk merambah dunia kerja di
samping kuliah. Pucuk dicinta ulam tiba. Suatu hari Kak Ica, saudara
sepupuku, datang kepadaku. “Nanda, di sebelah toko Bunda ada kios yang dijual.
Bagaimana kalau kita patungan untuk membeli kios itu. Lalu kita jual pakaian
di sana?” kata Kak Ica. Ia mengajak berpatungan untuk membeli kios itu. Kami
mulai berbisnis pakaian. Tidak kusangka, usaha itu menuai hasil yang
gemilang. |
||
8 |
Tokoh aku dalam penggalan cerpen di atas adalah |
|
A |
Ica |
|
B. |
Bunda |
|
C. |
Nanda |
|
D. |
Seorang siswa |
|
E. |
Seorang penjual kios |
9 |
Kata sepenuh
hati dalam cerpen di atas bermakna … |
|
A |
Semangat |
|
B. |
Percaya diri |
|
C. |
Sungguh-sungguh |
|
D. |
Ikhlas |
|
E. |
Tabah |
10 |
Kata
finansial dalam cerpen di atas bermakna… |
|
A |
Modal |
|
B. |
Sarana |
|
C. |
Ilmu |
|
D. |
Biaya |
|
E. |
Buku |
11 |
Amanat yang
tidak sesuai dengan penggalan cerpen di atas adalah … |
|
A |
Janganlah takut
pada kegagalan |
|
B. |
Tekunlah
dalam setiap pekerjaan, niscaya menuai hasilnya |
|
C. |
Uang bukanlah
penentu keberhasilan seseorang |
|
D. |
Bekerjasamalah
dengan baik dan jujur dalam melakukan sebuah pekerjaan |
|
E. |
Berdoa adalah
penentu kesuksesan seseorang |
Ketika tubunya digerogoti penyakit dengan enteng orang miskin itu
melenggang ke rumah sakit. Ia menyerahkan Kartu Tanda Miskin pada suster
jaga. Karena banyak bangsal kosong, suster itu menyuruhnya menunggu di
lorong. “Begitulah enaknya jadi orang miskin,” batinnya, “Dapat tidur di
lantai.” dan orang miskin itu dibiarkan menunggu berhari-hari. |
||
12 |
Permasalah pada cerpen di atas adalah …. |
|
A |
Tubuhnya digerogoti penyakit |
|
B. |
Buruknya pelayanan rumah sakit |
|
C. |
Susahnya menjadi orang miskin |
|
D. |
Banyak bangsal yang kosong |
|
E. |
Tidak mendapatkan fasilitas gratis |
Penggalan
cerpen berikut untuk tiga butir soal di bawah ini! |
||
Tatkala aku
masuk sekolah Mulo, demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga
orang yang hanya mendengarkanku berbicara dan tidak melihat aku, mengira aku
anak Belanda. Aku pun bertambah lama bertambah percaya pula bahwa aku anak
Belanda, sungguh hari-hari ini makin ditebalkan pula oleh tingkah laku orang
tuaku yang berupaya sepenuh daya menyesuaikan diri dengan langgam lenggok orang
Belanda. “Kenang-kenangan” oleh Abdul Gani A.K. |
||
13 |
Sudut pandang
pengarang yang digunakan dalam penggalan tersebut adalah … |
|
A |
orang pertama
pelaku utama |
|
B. |
orang ketiga
pelaku sampingan |
|
C. |
orang ketiga
pelaku utama |
|
D. |
orang pertama
dan ketiga |
|
E. |
orang ketiga
serbatahu |
|
|
|
|
14 |
Watak tokoh
“aku” dalam penggalan cerita tersebut adalah … |
|
A |
percaya diri |
|
B. |
mudah
menyesuaikan diri |
|
C. |
sombong |
|
D. |
rajin
berusaha |
|
E. |
mudah
dipengaruhi |
|
|
|
|
15 |
Amanat dalam
penggalan cerpen tersebut adalah … |
|
A |
Jangan cepat
menyerah pada keadaan bagaimanapun juga. |
|
B. |
Jangan
membuang waktu selagi masih ada waktu. |
|
C. |
Sebaiknya
kita menyesuaikan diri dengan keadaan. |
|
D. |
Jangan lupa
diri bila menguasai bahasa orang. |
|
E. |
Jangan mudah
dipengaruhi oleh orang lain. |
1. Kompilkasi 2. Orientasi 3. Abstrak 4. Evaluasi 5. Koda 6. Resolusi |
||
16 |
Urut-urutan struktur teks cerpen yang
benar adalah… |
|
A |
1, 2, 3, 4, 5, 6 |
|
B. |
2, 6, 5, 4, 3, 1 |
|
C. |
3, 2, 1, 4, 6, 5 |
|
D. |
4, 5, 6, 3, 2, 1 |
|
E. |
5, 6, 1, 3, 4, 2 |
Bila ada yang bertanya , siapa makhluk
paling kikir di kampung itu, tidak akan ada yang menyanggah bahwa perempuan
ringkih yang punggungnya telah melengkung serupa sabut kelapa itulah
jawabannya. Semula ia hanya dipanggil Banun. Namun, lantaran sifat kikirnya
dari tahun ke tahun semakin mengakar; pada sebuah pergunjingan yang penuh
kedengkian, seseorang menambahkan kata kikir di belakang nama ringkas itu,
hingga ia ternobat sebagai Banun Kikir. Konon, hingga riwayat ini disiarkan,
belum ada yang sanggup menumbangkan rekor kekikiran Banun. |
||
17 |
Bagian struktur teks cerpen di atas
adalah … |
|
A |
Orientasi |
|
B. |
Komplikasi |
|
C. |
Koda |
|
D. |
Abstraks |
|
E. |
Evaluasi |
|
|
|
|
18 |
Pernyataan yang sesuai dengan teks
cerpen di atas adalah … |
|
A |
Banun menobatkan diri sebagai orang
kikir |
|
B. |
Predikat Banun Kikir didasari
kedengkian |
|
C. |
Banun tidak pernah tahu rekor kikir
itu |
|
D. |
Banun tidaklah kikir tetapi hemat |
|
E. |
Tidak ada yang pernah bertanya tentang
Banun |
19 |
Berdasar penggalan teks cerpen di atas,
Banun adalah … |
|
A |
Gadis muda belia |
|
B. |
Nenek tua |
|
C. |
Lelaki Muda |
|
D. |
Kakek tua |
|
E. |
Remaja |
20 |
Struktur yang berisi pengenalan latar
cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam
cerpen terdapat dalam ... |
|
A |
Abstrak |
|
B. |
Orientasi |
|
C. |
Komplikasi |
|
D. |
Deskripsi umum |
|
E. |
21 |
Pada teks cerpen, pembaca dapat
mengetahu karakter atau watak pelaku cerita dalam ... |
|
A |
Komplikasi |
|
B. |
Abstrak |
|
C. |
Orientasi |
|
D. |
Evaluasi |
|
E. |
22 |
Resolusi pada teks cerpen adalah tahapan
di mana ... |
|
A |
Pengarang menghidupkan cerita dan
meyakinkan pembaca |
|
B. |
Berbagai kerumitan bermunculan |
|
C. |
Konflik mencapai tingkat intensitas
tertinggi |
|
D. |
Konflik mencapai sebuah selesaian atau
leraian |
|
E. |
23 |
Dalam teks cerpen, struktur yang
bersifat opsional adalah ... |
|
A |
Abstrak dan evaluasi |
|
B. |
Abstrak dan orientasi |
|
C. |
Koda dan resolusi |
|
D. |
Koda dan abstrak |
|
E. |
24 |
Struktur teks cerpen adalah |
|
A |
Orientasi - insiden - interpretasi |
|
B. |
Orientasi - komplikasi - resolusi -
koda |
|
C. |
Abstrak - orientasi - komplikasi -
evaluasi - resolusi - koda |
|
D. |
Abstrak - orientasi - komplikasi -
resolusi - interpretasi |
|
E. |
25 |
Ringkasan atau inti cerita pada cerpen
terletak pada ... |
|
A |
Abstrak |
|
B. |
Orientasi |
|
C. |
Deskripsi umum |
|
D. |
Evaluasi |
|
E. |
26 |
Sarana pengekspresian watak, baik
secara fisik maupun psikis dalam teks cerpen terdapat dalam .... |
|
A |
Orientasi |
|
B. |
Latar |
|
C. |
Abstrak |
|
D. |
Komplikasi |
|
E. |
27 |
Nilai-nilai atau pelajaran yang dapat
dipetik oleh pembaca dari sebuah teks cerpen terdapat dalam struktur ... |
|
A |
Abstrak |
|
B. |
Evaluasi |
|
C. |
Resolusi |
|
D. |
Koda |
|
E. |
28 |
Perpaduan antara unsur-unsur yang
membangun cerita sehingga merupakan kerangka utama cerita disebut dengan ... |
|
A |
Alur |
|
B. |
Latar |
|
C. |
Tokoh |
|
D. |
Sudut pandang |
|
E. |
29 |
Alur yang urutan peristiwa ceritanya
tidak kronologis atau tidak berurutan disebut dengan ... |
|
A |
Alur progresif |
|
B. |
Alur regresif |
|
C. |
Alur campuran |
|
D. |
Alur gabungan |
|
E. |
Perhatikan kutipan cerpen berikut
untuk soal nomor |
||
“Kang, kita harus benar-benar pergi
dari sini?” Tanya Siti Halimah di sela tangisnya. Teriakan Lik Paijan masuh terdengar
menyayat hati. Lelaki tua itu merebut tali yang mengikat seekor sapi
miliknya. Wajahnya memerah seperti nyaris terbakar, suaranya melengking-lengking
menolak pengosongan rumahnya. Tetapi, pelawanan Lik Paijan pun percuma saja.
Beberapa petugas berbadan tegap mengangkat tubuhnya. Melihat itu, tangis Siti
Halimah semakin pecah. Dia mendekap Satriya Piningit lebih erat. “Iya, mau tak mau kita harus mengalah.
Gusti Allah tidak tidur, Bune. Di tempat lain, semoga kita mendapat ladang
rezeki yang lebih baik lagi,” ujar Karjan. |
||
30 |
Tema yang terdapat dalam kutipan
cerpen tersebut adalah …. |
|
A |
Sosial |
|
B. |
Politik |
|
C. |
Agama |
|
D. |
Ekonomi |
|
E. |
Pendidikan |
31 |
Latar suasana yang tergambar dalam
kutipan cerpen tersebut adalah …. |
|
A |
Menakutkan |
|
B. |
Mengenaskan |
|
C. |
Mengharukan |
|
D. |
Menegangkan |
|
E. |
Membingungkan |
32 |
Sudut pandang dalam kutipan cerpen
tersebut adalah …. |
|
A |
Orang pertama tunggal |
|
B. |
Orang pertama jamak |
|
C. |
Orang ketiga tunggal |
|
D. |
Orang ketiga jamak |
|
E. |
Campuran |
33 |
Watak tokoh Karjan dalam kutipan
cerpen tersebut adalah …. |
|
A |
Mudah pasrah |
|
B. |
Mudah mengalah |
|
C. |
Mudah menangis |
|
D. |
Mudah putus asa |
|
E. |
Mudah menyerah |
34 |
Hubunan antarunsur intrinsic dalam
kutipan cerpen tersebut adalah …. |
|
A |
Latar tempat berkaitan dengan konflik |
|
B. |
Latar sosial berkaitan dengan konflik |
|
C. |
Tema berkaitan dengan watak tokoh |
|
D. |
Tema berkaitan dengan latar suasana |
|
E. |
Alur berkaitan dengan watak tokoh |
Perhatikan kutipan cerpen berikut! |
||
1) Kalau ada pertandingan dini hari,
aku dan Ayah bahu-membahu untuk membangunkan. 2) Kami berdua beranak
batanggang, atau tidak tidur sampai dini hari, duduk terpaku di depan TV
Grundig 14 inci yang berkerai kayu tripleks, ditemani bergal-gelas kopi. 3) Di Stadion
Ullevi Gothenburg, tim berambut pirang ini meledakkan gawang Belanda hanya
dalam 5 menit pertama melalui tandukan Larsen: 1 – 0. 4) Aku mengepalkan
tangan tinggi-tinggi di udara, “Yes!” teriakku. 5) Aku lirik Ayah, beliau
menggeleng-geleng sambil mendeham. |
||
35 |
Bukti latar tempat dalam kutipan novel
tersebut ditunjukkan kalimat …. |
|
A |
1) |
|
B. |
2) |
|
C. |
3) |
|
D. |
4) |
|
E. |
5) |
|
|
|
|
Perhatikan kutipan cerpen berikut! |
||
Kali ini, untuk menggarap batik
pesanan lelaki itu, ia memilih saat malam buta di sebuah kamar berhias sarang
laba-laba. Kamar penyimpan langut dan kemelut. Sebelumnya, hampir lima tahun
pintu kamar itu dibiarkan terkatup serupa kabisuan mulut disumpal ujung
selimut. |
||
36 |
Makna kata langut dan kemelut dalam
kutipan cerpen tersebut menyimbolkan …. |
|
A |
Kesedihan dan penyesalan |
|
B. |
Kehilangan dan kesedihan |
|
C. |
Kehampaan dan kesendirian |
|
D. |
Kesedihan dan penderitaan |
|
E. |
Kehampaan dan kesepian |
Perhatikan kutipan cerpen berikut! |
||
Setiap sore menjelang, bapak selalu
duduk di bangku tua kesayangannya. Bangku yang terbuat dari bamboo itu telah
menemani bapak melewati senja yang begitu indah. Duduk dengan tenang sembari
melempar pandang ke luar jendela untuk menyaksikan betapa indah panorama yang
senja sajikan. [ … .] Rasa lelah setelah seharian memeras keringat tampak
memudar ketika ia duduk di bangku tua kesayangannya itu. |
||
37 |
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
kutipan teks novel tersebut adalah … |
|
A |
Bapak memotret senja itu. |
|
B. |
Bapak tertidur Karen alelah. |
|
C. |
Bapak selalu menikmatinya. |
|
D. |
Bapak dan ibu duduk berdua. |
|
E. |
Bapak berharap kakak datang. |
Perhatikan kutipan cerpen berikut! |
||
Setibanya pak Usman di restoran kecil
sepulang dari sekolah, larasati segera memulai pembicaraan. “sebelum membicarakan soal Diah, saya
perlu menjelaskan menggapa saya tidak mau membicarakan hal ini di sekolah
karena saya ingin saya bicarakan adalah masalah yang harus diselesaikan
dengan kacamata kemanusiaan, bukan kedinasan”, “maksud ibu apa?” “saya khawatir , keinginan bapak untuk
menghabisi Diah itu karena kebencian bapak terhadap saya. Selama ini orang
kan tahu saya sangat perhatin terhadap diah. Dia anak yang lemah pak, sudah
mengalami berbagai cobaan hidup, sering murung karena menerima beban yang
terlalu banyak dalam hidupnya.” |
||
38 |
Sifat tokoh larasati berdasarklan
kutipan di atas adalah? |
|
A |
sabar dan penyayang |
|
B. |
angkuh dan disiplin |
|
C. |
tegas dan pemberani |
|
D. |
penuh perhatian dan tegas |
|
E. |
penakut |
39 |
Karakter tokoh pak Usman dalam kutipan
cerpen di atas memiliki sifat….. |
|
A |
pendendam |
|
B. |
keras kepala dan mudah marah |
|
C. |
tidak bisa membedakan urusan dinas dan
pribadi |
|
D. |
ingin menang sendiri |
|
E. |
baik hati |
40 |
Bagaimana gambaran karakter tokoh diah
dalam cerpen di atas? |
|
A |
kuat menerima cobaan |
|
B. |
gampang putus asa |
|
C. |
lemah dan penuh penderitaan |
|
D. |
trauma dalam menjalani kehidupanya |
|
E. |
keras dan kuat |
41 |
Kedudukan tokoh Pak usman dan Larasati
dalam kutipan cerpen di atas adalah…… |
|
A |
tokoh antagonis, tokoh penengah |
|
B. |
tokoh protagonis, tokoh penengah |
|
C. |
tokoh antagonis, tokoh protagonis |
|
D. |
tokoh protagonis, tokoh protagonis |
|
E. |
tokoh protagonis, tokoh penengah |
Bacalah penggalan cerpen berikut! |
||
Kelihatan seorang kakek berjalan
bersama cucunya seorang gadis belia yang cantik. Mereka duduk di bawah pohon
yang rindang. Gadis itu meminta kakeknya menceritakan riwayat hidupnya, siapa
sebenarnya kedua orang tuanya dan di mana mereka sekarang. Sang kakek terdiam
sebentar, kemudian mulailah ia bercerita. “Delapan belas tahun yang lalu,
seorang pemuda kota berjalan-jalan ke desa ini. Ia terpikat gadis cantik
bunga desa ini, dan mereka pun menikah. Gadis cantik itu adalah putri kakek
satu-satunya. |
||
42 |
Latar tempat pada cerita di atas adalah... |
|
A |
di bawah pohon rindang. |
|
B. |
di perkampungan. |
|
C. |
di hutan rimba. |
|
D. |
di jalan pedasaan. |
|
E. |
di rumah singgah |
Bacalah penggalan cerpen di bawah ini
dengan cermat! |
||
Dengan tergesa-gesa Ersa menaiki bus
yang nyaris meninggalkan suasana yang kurang nyaman baginya. Dari kejauhan
terdengan sayup suara “… penumpang bus Gemilang harap untuk segera memasuki
kendaraan…”. Hati Ersa agak tenang karena dia sudah berada di dalamnya.
“Mudah-mudahan sore nanti aku bisa berada di acara itu,” harapnya dalam hati. |
||
43 |
Latar waktu dan tempat pada penggalan
cerpen tersebut adalah … |
|
A |
sore hari, terminal |
|
B. |
siang hari, perjalanan |
|
C. |
siang hari, terminal |
|
D. |
pagi hari, rumah |
|
E. |
pagi hari, perjalanan |
Perhatiakan kutipan cerpen berikut! |
||
“kita sebagai pendidik tidak boleh
memandang masalah secara hitam-putih pak, diah itu telah banyak menanggung
beban hidup, sudah selayaknya kita ikut mendampingi dan membantunya, bukan
malah menambah bebannya. |
||
44 |
Amanat yang terkandung dalam kutipan
cerpen di atasa adalah….. |
|
A |
sebagai manusia harus saling
tolong-menolong |
|
B. |
seorang pendidik harus bisa membantu
siswanya dalam mengatasi permasalahan hidup |
|
C. |
Guru harus bersikap professional dalam
mendidik muridnya |
|
D. |
guru harus memiliki sikap kasih sayang
dalam mendidik |
|
E. |
sayang dalam mendidik |
Bacalah penggalan cerpendi bawah ini
dengan cermat! |
||
Meski termasuk anak yang pandai dan
masuk kelas akselerasi, Romero tetap memilik banyak teman dan sahabat.
Baginya teman adalah lingkungan yang dapat memberikan banyak inspirasi dan
pengalaman yang tidak diperoleh di bangku sekolah. Di rumah ia juga bersikap
baik pada tetangga. Ia ingat ketika orang tuannya berpesan, “Carilah teman
dan sahabat sebanyak-banyaknya karena kita tidak bisa hidup sendiri. Suatu
saat pasti kita membutuhkan orang lain.” |
||
45 |
Unsur ekstrinsik penggalan cerpen
tersebut adalah …. |
|
A |
budaya |
|
B. |
ekonomi |
|
C. |
pendidikan |
|
D. |
estetika |
|
E. |
sosial |
Bacalah cerita berikut dengan seksama |
||
Kita lihat, dari pintu masuk sebuah
ruangan di hotel berbintang empat itu, dia membelok ke arah kiri, dia memilih
kursi paling samping dari deretan kursi paling belakang. Begitu dia duduk,
sejumlah lelaki dekat kursi itu serempak kaasak-kusuk dalam gelap. |
||
46 |
Latar tempat penggalan cerpen tersebut
adalah... |
|
A |
Pintu masuk |
|
B. |
Kursi paling belakang |
|
C. |
Arah kiri |
|
D. |
Kursi paling samping |
|
E. |
Hotel bintang empat |
47 |
Pengarang menuturkan cerita dirinya
sendiri, dengan pelaku aku/orang pertama tunggal/jamak, berarti kedudukan
pengarang dalam cerpen tersebut sebagai... |
|
A |
tokoh bawahan |
|
B. |
tokoh pengamat |
|
C. |
campuran |
|
D. |
pendamping |
|
E. |
tokoh utama |
48 |
Bentuk alur sorot balik digunakan
apabila pengarang bermaksud.... |
|
A |
membayangkan cerita mendatang |
|
B. |
mengemukakan khayalan-khayalan |
|
C. |
menerangkan cerita yang sedang terjadi |
|
D. |
menerangkan peristiwa masa lalu dengan
ragaan |
|
E. |
menerangkan peristiwa yang benar-benar
terjadi |
49 |
Pengarang sebagai orang yang berada di
luar cerita dan tidak terlibat dalam cerita, dengan menggunakan pelaku utama
ia/dia. Kedudukan pengarang dalam cerita tersebut sebagai.... |
|
A |
tokoh utama |
|
B. |
tokoh bawahan |
|
C. |
tokoh figuran |
|
D. |
tokoh protagonis |
|
E. |
pengamat |
50 |
Dalam cerpen tokoh-tokohnya dilukiskan
mengalami konfliks sampai pada.... |
|
A |
penyelesaian |
|
B. |
perubahan nasib |
|
C. |
meninggal |
|
D. |
klimaks |
|
E. |
perumitan |
Bacalah kutipan cerpen berikut dengan
saksama kemudian kerjakan soal nomor |
||
Seperti teman-temannya yang lain,
sebenarnya Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak
hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan
undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Saat itu, ibu sedang duduk-duduk di
beranda sambil memandangi matahari yang mulai tenggelam. Diamnya ibu,
pertanda ibu belum punya uang untuk membeli hadiah. Andi sadar, sejak ayahnya
meninggal tiga tahun yang lalu, ia dan ibunya memang harus hidup hemat. ”Ah masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy
temanku?” gumam Andi seraya bangkit dari tempat tidur pembaringan. Ia
beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya
dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol
warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi
bibirnya, “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.” |
||
51 |
Bukti bahwa peristiwa tersebut terjadi
pada malam hari adalah .... |
|
A |
kalimat pertama pada paragraf pertama |
|
B. |
Kalimat kedua pada paragraph pertama |
|
C. |
Kalimat ketiga pada paragraf kedua. |
|
D. |
Kalimat keempat pada paragraf kedua |
|
E. |
Kalimat terakhir paragraf pertama. |
52 |
Amanat yang terdapat pada cerpen
tersebut adalah ... |
|
A |
Jangan menyusahkan orang tua hanya
karena ingin memberi hadiah teman! |
|
B. |
Usahakan selalu memberi hadiah kepada
teman orang tua! |
|
C. |
Temanilah ibumu saat duduk-duduk di beranda! |
|
D. |
Matikan lampu jika sudah tidak
diperlukan! |
|
E. |
Benar semua |
Boleh jadi, itu sikap angkuhnya
seorang yang sukses dan kaya menghadapi pemuda kere macam aku. (2) Sebagai
pimpinan sebuah bank papan atas di negeri ini, mungkin dia tak rela hati anak
gadisnya kupacari. (3) Jadi, amat wajar dia kelihatan tidak suka terhadapku.
(4) Apalagi tampangku tidak keren kayak aktor Nicholas Saputra, sementara
wajah Mawar memang cakep. (5) Kamu sendiri bilang, Mawar mirip Dian Sastro
dengan bodi semampai macam Luna Maya (padahal menurutku, Mawar lebih mirip
penyanyi kesukaanmu, Mulan Jamila). |
||
53 |
Bukti bahwa watak tokoh ‘dia’ pada
kutipan cepen tersebut sombong terletak pada kalimat bernomor .… |
|
A |
(1) dan (2) |
|
B. |
(2) dan (3) |
|
C. |
(3) dan (4) |
|
D. |
(4) dan (5) |
|
E. |
(2) dan (4) |
Ku tak mungkin jatuh cinta kan? Tidak
sekarang, tidak denganmu. Pesonamu menjeratku tapi aku tak kan membiarkan
diriku jatuh cinta kepadamu. Tak kan pernah kupercaya segala tuturmu
kepadaku, dan ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan kepadaku
sejak itu, termasuk yang itu ... yang dua kali kau sampaikan padaku. Sampai
kapan pun kau merayuku, aku tak akan pernah lagi percaya padamu.
Kebohongan-kebohonganmu telah merusak cintaku. |
||
54 |
Bukti bahwa watak tokoh kamu pembohong
dapat diketahui melalui …. |
|
A |
Tingkah laku tokoh kamu |
|
B. |
Tingkah laku tokoh aku |
|
C. |
Dialog tokoh kamu |
|
D. |
Dialog tokoh aku |
|
E. |
Ekspresi tokoh aku |
Parjimin adalah tukang batu, tetangga
Kurdi. Lumayan bagi mereka, mendapat proyek baru. Rupanya, proyek rumah
gedong itulah yang selalu diperbincangkan Kurdi disetiap kesempatan. Di
tempat perhelatan nikah, supitan, di tempat kerja bakti, sarasehan kampung,
sampai ronda malam. Dia senantiasa tidak lupa menceritakan rencananya
membangun rumah gedungnya itu. |
||
55 |
Berdasarkan kutipan cerpen tersebut,
Kurdi bersifat … |
|
A |
pemberani |
|
B. |
baik |
|
C. |
egois |
|
D. |
sombong |
|
E. |
baik hati |
Bacalah dengan saksama! |
||
Di
Kantor Pos oleh: Muhammad
Ali “Tadi agaknya telah terjadi suatu
kekeliruan ketika Nona membayarkan uang pos wesel kepada saya, sebab ….” “Mana bias keliru?” si pegawai menyela
dengan cepat. “Seharusnya saya terima tiga ratus
rupiah, bukan? Kalau tak salah, sekian itulah angka yang tertulis dalam pos
wesel saya.” “Coba saya liat dulu, Saya masih ingat
nomor pos wesel Saudara.” Si pegawai lalu memeriksa salah satu
lajur dalam daftar yang terkembang di hadapannya, kemudian katanya,”Nah ini,
wesel nomor satu empat tujuh dengan tanda C. Jumlah uang tiga ratus rupiah.
Apa yang keliru? Bukankah tadi Saudara terima dari saya tiga ratus rupiah?” “Tidak,”jawab laki-laki itu. “Nona
tadi memberikan kepada saya bukan tiga lembar kertas ratusan, tapi empat
lembar. Jadi, empat ratus rupiah yang saya terima tadi.” “Maklum banyak kerja. Lagi pula
lembaran-lembaran uang itu masih baru hingga mudah saja terlengket karenanya.
Jadi, Saudara mau kembalikan uang yang seratus rupiah kepada saya, sekarang?” “Betul, Saya akan mengembalikannya
kepada Nyonya ….” “Nona!” sela si pegawai cepat. |
||
56 |
Sudut pandang yang digunakan pengarang
pada kutipan cerpen tersebut adalah … |
|
A |
orang ketiga
sebagai pengamat |
|
B. |
orang pertama
tokoh utama |
|
C. |
orang campuran |
|
D. |
orang ketiga
manatahu |
|
E. |
orang kedua |
57 |
Dalam teks cerpen, struktur yang
bersifat opsional adalah ... |
|
A |
abstrak dan evaluasi |
|
B. |
abstrak dan orientasi |
|
C. |
koda dan resolusi |
|
D. |
koda dan abstrak |
|
E. |
evaluasi dan koda |
0 Komentar