Unsur-Unsur Pementasan Drama

 


UNSUR-UNSUR PEMENTASAN DRAMA

Pementasan Naskah Drama

            Dalam pementasan sebuah naskah drama, ada beberapa unsur yang harus dipenuhi agar pementasan drama tersebut berjalan dengan lancar. Unsur-unsur tersebut antara lain:

1.      Naskah drama, merupakan kebutuhan inti dari sebuah pementasan drama. Tanpa naskah drama,   pementasan naskah drama tidak akan ada.

2.   Pemain drama, yaitu orang yang menokohkan naskah drama yang akan dipentaskan. Jumlah    pemain drama tergantung jumlah tokoh dalam naskah dramanya.

3.    Sutradra, yaitu orang yang mengatur jalannya pementasan drama, mulai dari pemain, tata letak panggung, tat arias, kostum, pencahayaan, dan sebagainya.

4.  Tata rias, merupakan unsur pendukung pementasan sebuah drama. Tata rias mencakup cara mendandani dan merias wajah pemain atau aktor.

5.    Tata busana atau kostum, tidak berbeda dengan tata rias, Tata busana pun mendukung watak aktor dalam pementasan drama.

6.   Tata panggung, merupakan tempat atau area pementasan drama. Tata panggung disesuaikan dengan tuntutan naskah drama yang dipentaskan.

7.  Tata lampu, unsur yang merupakan suasana yang ditampilkan dalam cerita drama. Dengan penataan lampu, suasana cerita drama akan semakin menarik dan meriah.

8.  Tata suara, merupakan musik pengiring jalannya cerita drama. Unsur ini pun mempengaruhi menarik tidaknya suatu cerita drama yang dipentaskan.

9.  Penonton, unsur yang menentukan kesuksesan sebuah pementasan drama. Tanpa adanya penonton, pementasan drama tidak aka ada.

 

Posting Komentar

0 Komentar

Ikuti

Tags

close