Soal Teks Cerita Fantasi/Narasi Kelas 7 Beserta Kunci Jawaban

Soal Teks Cerita Fantasi/Narasi Kelas 7 Semester Ganjil


Pada suatu masa ada seekor kucing yang sangat awas dan sigap. Tikus-tikus takut memperlihatkan dirinya karena takut dimangsa oleh sang kucing, sehingga sang kucing harus mencari akal untuk menangkap mereka.


Suatu hari sang kucing naik ke atas rak. Ia menggantungkan diri dengan satu kakinya pada tali, dengan kepala menghadap ke bawah, seolah-olah telah mati. Saat tikus-tikus melihat posisi kucing seperti itu, mereka menyangka bahwa sang kucing telah melakukan kesalahan. Dengan hati-hati para tikus mengeluarkan kepalanya dari sarang dan mengendus-endus ke sana ke mari. Karena tidak terjadi apa-apa, mereka melompat ke luar dari sarang seraya menari-nari untuk merayakan kebebasan mereka.


Saat itulah sang kucing tiba-tiba melepaskan tali pegangan pada tali, dan sebelum tikus-tikus itu tersadar sang kucing telah menangkap tiga ekor tikus.

  1. Bagian yang menceritakan kecerdasan tokoh kucing pada kutipan cerita tersebut adalah ….

  1. Tokoh kucing mengendus-endus ingin memangsa tikus yang berkeliaran mencari makan.

  2. Kucing dengan lincah dapat dapat menerkam tikus-tikus yang suka berkeliaran mencari tikus-tikus.

  3. Kucing selalu siap siaga dengan cakarnya menerkam tikus-tikus yang berkeliaran mencari makan.

  4. Kucing menggantungkan dirinya dengan satu kaki pada tali, dengan kepala ke bawah seolah olah dia telah mati

  1. Penggunaan ejaan yang tepat terdapat pada kalimat ..

  1. Sang nenek berkata, “kamu hanya boleh membuka kalau sudah tiba di rumah”.

  2. Setibanya di tepi pantai bawang putih mencari-cari suara ajaib itu.

  3. Sekarang saatnya Bawang Putih harus pergi.

  4. Bawang merah sangat terkejut melihat isi labu itu.


Penggalan cerita fantasi berikut untuk no.3-6!

Jaka Gledek Anak Ajaib


Alkisah, di sebuah desa di lereng lembah Gianti, pada suatu malam lahirlah seorang bayi dari rahim seorang perempuan miskin. Perempuan miskin itu hidup sendirian dan tidak ada warga yang mengetahui bahwa dia sedang hamil. Ketika bayi itu lahir, hujan lebat beserta petir sedang melanda. Tepat pada tengah malam, sang bayi lahir bersamaan dengan petir yang menyambar rumah perempuan itu dan menyebabkan rumah terbakar. perempuan itu mati terbakar dan secara ajaib, sang bayi berhasil selamat. Ia ditemukan keesokan harinya oleh seorang pengemis tua dan diasuhnya sang bayi tersebut. Bayi itu diberi nama Jaka Gledek untuk mengenang peristwa petir yang menyambar rumahnya.


Jaka Gledek tumbuh sebagai bayi yang nakal dan suka mengganggu temannya. Tubuhnya besar, membuat teman-temannya takut padanya. Ia pun memiliki sebuah kelebihan, yaitu kebal terhadap api. Karena kenakalannya, warga desa tidak menyukainya. Pak RT termasuk warga yang sangat membenci Jaka Gledek karena anaknya sering menjadi korban kenakalan Jaka Gledek. Pak RT bersama para warga mengadakan rapat untuk membahas Jaka Gledek. Mereka sepakat untuk mengusir Jaka Gledek apa bila kenakalannya tidak dapat dikendalikan lagi. Pada suatu malam Jumat, hujan petir kembali melanda desa. Warga takut rumah mereka akan disambar petir. Petir ternyata menyambar beberapa rumah warga, termasuk rumah Pak RT yang akhirnya terbakar. Para warga mengungsi ke tempat yang aman, termasuk Pak RT. Tapi ternyata, anak Pak RT tidak sempat ikut mengungsi karena ia sedang tidur dan pintunya terkunci. Ia tidak sempat menyelamatkan diri.

Jaka Gledek yang mengetahui bahwa anak Pak RT yang masih berada di rumah, segera menuju ke rumah Pak RT dan menyelamatkan anak Pak RT. Tanpa takut, ia menerobos rumah yang terbakar dan segera mendobrak kamar anak Pak RT dan menyelamatkannya. Para warga merasa lega dan berterima kasih pada Jaka Gledek terutama Pak RT. Setelah kejadian itu mereka tidak lagi menganggap Jaka Gledek sebagai anak nakal. Mereka bahu-membahu membantu Jaka Gledek dengan menyekolahkannya agar Jaka Gledek mempunyai pendidikan budi pekerti. Setelah sekolah, Jaka Gledek sadar bahwa kekuatannya seharusnya tidak digunakan untuk berbuat nakal kepada temannya. Justru ia dapat menolong banyak orang dengan kekuatan supernya itu.


  1. Tokoh utama yang ada dalam teks cerita fantasi di atas adalah ….

  1. Pengemis

  2. Pak RT

  3. Warga Desa

  4. Jaka Gledek


  1. Berdasarkan teks cerita fantasi di atas, latar tempatnya adalah ….

  1. di lingkungan pasar

  2. di lingkungan sekolah

  3. di lingkungan desa

  4. di lingkungan hutan


  1. Alur teks cerita fantasi di atas menggunakan alur ….

  1. Pengenalan – klimaks- muncul masalah

  2. Pengenalan - rangkaian kejadian – klimaks - resolusi

  3. Mulai munculnya masalah - klimaks-resolusi

  4. Pengenalan– resolusi- klimaks- masalah

  1. Pada paragraf kedua pada teks cerita fantasi di atas termasuk ….

  1. orientasi

  2. resolusi

  3. komplikasi

  4. reorientasi


  1. Kalimat berikut yang tidak menggunakan kata sambung penanda urutan waktu adalah ….

  1. Farta sampai di planet Mars dan bertemu Tatao, hal itu terjadi dua tahun kemudian.

  2. Setelah kantong ajaib terbuka Doraemon kembali ke masa lampau.

  3. Akhirnya, Nataga bingung mendengar kekalahan pasukan serigala.

  4. Tanpa diduga, labu itu berisikan perhiasan emas dan berlian.


  1. Penulisan kalimat langsung yang tepat adalah ….

  1. Dengan gugup Cinderella berkata, “saya ingin pergi pergi ke pesta, tapi mereka meninggalkan aku di sana”.

  2. Mengapa engkau menangis, Cinderella”, sebuah suara lembut berbisik .

  3. Ibu Peri berkata, “Pergilah Cinderella, tapi kamu harus pulang sebelum tengah malam”.

  4. Sekarang saatnya kamu harus pergi Cinderella, “Bisik ibu peri”.

Cermati ilustrasi berikut!

1) Tikus lapar menemukan keranjang yang penuh jagung.

2) Tikus masuk ke dalam keranjang melalui celah sempit.

3) Tikus makan jagung dengan sangat rakus hingga perutnya tiga kali lebih besar.

4) Tikus tidak dapat keluar dari keranjang dan mengerang-erang minta tolong.

5) Seekor musang lewat dan mengetahui kejadian yang menimpa tikus.

6) Musang menyatakan jika tikus akan keluar harus menunggu badannya kempes seperti semula.


  1. Buatlah cerita fantasi berdasarkan ilustrasi tersebut …

  1. Seekor tikus lapar menemukan sebuah keranjang yang penuh jagung. Ia masuk ke dalam keranjang melalui celah sempit. Jagung itu dimakannya dengan rakus sampai perutnya tiga kali lipat besarnya. Tikus itu tidak dapat keluar dari keranjang jagung. Ia mengerang-ngerang minta tolong ke luar. Muncullah musang dan mengatakan pada tikus, jika mau keluar harus menunggu sampai perutnya kempes seperti semula.

  2. Seekor tikus rakus menemukan sekeranjang jagung. Ia melahap jagung hingga puas dan kekenyangan. Akibatnya perutnya berubah menjadi tiga kali lipat. Ia tidak bias keluar karena celah dalam keranjang terlalu sempit. Tidak lama kemudian musang lewat. Ia merasa iba melihat kejadian itu. Kemudian, musang menolong tikus yang malang itu.

  3. Ada sekeranjang jagung di suatu tempat. Seekor tikus sangat gembira karena mendapatkan banyak makanan. Ia ingin segera makan jagung itu. Akan tetapi celah keranjang itu sempit. Tikus dengan susah payah berusaha masuk dalam keranjang. Ia kekenyangan menyantap jagung itu. Tiba-tiba musang dating dan melihat tikus dengan rakus makan jagung itu.

  4. Ada sekeranjang jagung makanan kesukaan tikus. Tikus telah memakannya dengan rakus. Perut tikus menjadi tiga kali lipat besarnya. Ia meminta tolong kepada musang yang sedang lewat. Musang segera menolong sahabatnya itu. Jagung itu masih tersisa banyak. Musang lalu memakan jagung itu hingga kenyang.

  1. Kutipan cerita berikut yang merupakan struktur resolusi dalam cerita fantasi adalah….

  1. Tiga rumah bergaya kerucut menyambut mataku. Ketika aku memandang satu persatu, ternyata rumah itu memiliki model yang sama. Hanya satu yang membedakan ketiga rumah itu, yaitu warna pintunya.

  2. Pak Raden mengambil cangkul yang ada di sampingnya, dan mengarahkan kepada harimau itu. Lalu tembuslah cangkul itu di perut harimau, kemudian harimau itupun mati. Setelah berhasil membunuh harimau itu, Pak Raden mengangkat bayi itu dan membawanya pulang bersamanya untuk diurus dan diangkat menjadi anaknya

  3. Alien itu berhidung mancung. Dengan hidungnya yang menjulang ia mengendus sekeliling. Sepertinya ia bingung dan mencoba mengenali tempat itu. Matanya yang sebesar biji kemiri berkedip-kedip memamerkan cahaya kehijauan.

  4. Pasukan terdepan dari binatang-binatang hutan segera mengepung para serigala dengan lemparan bola api. Pasukan serigala sempat kaget tak percaya, karena korban berjatuhan di pihak mereka karena lemparan bola api. Namun pemimpin pasukan serigala kembali mengatur siasat pada posisi menyerang.

Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran !

  1. Pernyataan tersebut merupakan kalimat ....

  1. imperatif

  2. deklaratif

  3. interogatif

  4. berita


  1. Berikut ini yang tidak termasuk ciri umum teks cerita fantasi, yaitu...

  1. Bersifat nyata dalam kehidupan sehari-hari

  2. Ide cerita dari khayalan/ imajinasi penulis

  3. Menggunakan berbagai latar (lintas ruang dan waktu)

  4. Ada keajaiban/keanehan/kemisteriusan


Bacalah penggalan cerita fantasi berikut !

“Bersama kedua sahabat barunya, Harry mengalami petualangan yang sangat mendebarkan. Mulai dari menghadapi Troll, menyelamatkan naga milik Hagrid, dan petualangan-petualangan tengah malam lainnya. Bertiga mereka menempuh bahaya, melewati anjing raksasa berkepala tiga, tanaman jerat setan, kunci-kunci terbang, troll, logika api, dan cermin Tarsah. Sehingga yang tersisa di akhir hanyalah Harry yang langsung berhadapan dengan Voldemort dan abdi setianya”.

  1. Berdasarkan kesesuaiannya dalam kehidupan nyata penggalan cerita fantasi di atas termasuk..

  1. Fantasi irisan

  2. Fantasi lintas waktu

  3. Fantasi waktu sezaman

  4. Fantasi total

Penggalan cerita fantasi berikut untuk no.14-15!

Harry Potter tinggal bersama Mr. & Mrs. Dursley dan sepupunya Dudley Dursley di Privet Drive. Hidupnya selama hampir 11 tahun dijalani dengan sangat mengenaskan. Dimana paman, bibi, dan sepupunya sama sekali tidak menyukai keberadaannya di keluarga mereka. Namun, sebuah surat atau tepatnya ratusan surat yang dikirimkan kepadanya tepat menjelang ultahnya yang kesebelas, telah membuat hidupnya berubah.”


  1. Kalimat yang menunjukkan ciri teks cerita fantasi di atas adalah...

  1. 4

  2. 3

  3. 2

  4. 1


  1. Kalimat yang menunjukkan latar tempat pada teks fantasi di atas adalah...

  1. 3

  2. 1

  3. 4

  4. 2


Bacalah penggalan cerita fantasi berikut !

.... Nono nyaris dihukum gantung gara-gara kaus Manchester United yang dikenakannya saat itu. Setelah itu, dia terperangkap di Warung Mbok Rimbi yang merupakan jelmaan iblis, berkawan dengan kelompok Semut Hitam yang ternyata adalah segerombolan pencuri. Nono juga bertemu legenda Gunung Kelud, Mahesasuro dan Lembusuro, berjumpa dengan Saarce si putri Belanda yang dapat mengubah dirinya menjadi burung kenari, dan berhadapan dengan Sri Ratu yang dijuluki 'Setan Merah' karena kekejamannya. Tiba-tiba Nono diminta untuk memimpin perang yang disebabkan oleh konspirasi orang-orang dalam kerajaan.

  1. Berdasarkan kesesuaiannya dalam kehidupan nyata penggalan cerita fantasi di atas termasuk..

  1. Fantasi irisan

  2. Fantasi lintas waktu

  3. Fantasi waktu sezaman

  4. Fantasi total


  1. Berdasarkan latar cerita, teks cerita fantasi dibagi menjadi dua, yaitu …. 

  1. Sezaman dan lintas waktu 

  2. Beda zaman dan kronologi 

  3. Total dan parsial 

  4. Masa kini dan futuristik 

  5. Masa lalu dan futuristik 


  1. Di bawah ini yang bukan menunjukan ciri-ciri utama atau ciri-ciri unik/khusus kebahasaan teks cerita fantasi adalah 

  1. Kalimat langsung 

  2. Kalimat kompleks subordinatif

  3. Interjeksi

  4. Eksklamasi

  5. Kata-kata teknis


  1. Yang bukan merupakan unsur-unsur teks cerita fantasi adalah ….. 

  1. Tema

  2. Pesan moral 

  3. Gaya bahasa 

  4. Kepengarangan 

  5. Tokoh dan penokohan

  1. Jenis cerita yang tidak menunjukan teks cerita fantasi adalah ….. 

  1. Fabel 

  2. Legenda

  3. Roman 

  4. Cerita fantasi peri dan kerajaan ;

  5. Mitos

  1. Berikut ini yang tidak termasuk ciri umum teks cerita fantasi, yaitu.... 

  1. Bersifat nyata dalam kehidupan sehari-hari 

  2. Ada keajaiban/keanehan/kemisteriusan 

  3. Ide cerita dari khayalan/ imajinasi penulis 

  4. Menggunakan berbagai latar (lintas ruang dan waktu) 


  1. Berikut ini merupakan topik yang tepat untuk menulis paragraf narasi yaitu .... 

  1. Perjalanan Bank Bukopin 

  2. Keindahan Pantai Pangandaran

  3. Pengalamanku di Masa Kecil 

  4. Menabung untuk Masa Depan

Bacalah paragraf berikut! 

Di zaman dahulu di satu hutan yang lebat, seekor kerbau bersahabat baik dengan Gajah mulai dari mencari makan sampai bermain di padang rumput, mereka selalu bersama-sama. Suatu hari, ketika mereka sedang bermain di padang rumput, tiba-tiba Raja Raksasa datang. 

  1. Latar tempat cerita di atas adalah .... 

  1. pasar 

  2. rumah 

  3. lapangan 

  4. hutan 


Bacalah paragraf berikut! 

Darko memiliki pembawaan sikap yang ramah, tidak mengherankan jika orang-orang kampung segera merasa akrab dengan dirinya. Dia suka pula menceritakan kisah lucu di sela pijatannya. Dia juga tulus dalam melayani pelanggannya. Meskipun begitu, kami tetap tidak tahu asal usulnya dengan jelas. Jika kami menanyakan hal itu, dia selalu mengatakan bahwa dirinya berasal dari kampung yang jauh di kaki gunung. 

  1. Berikut yang bukan karakter Darko adalah .... 

  1. ikhlas 

  2. rajin 

  3. ramah 

  4. supel 


Bacalah paragraf berikut! Buaya dan Burung Penyanyi bersahabat akrab. Hari ini mereka asyik bercakap di tepi sungai. Burung penyanyi bertengger di hidung Buaya. Namun beberapa saat kemudian, Buaya merasa mengantuk. Ia menguap dan membuka mulutnya lebar-lebar. 

  1. Unsur cerita di atas adalah .... 

  1. latar di hutan 

  2. tokohnya adalah Buaya 

  3. bertema persahabatan 

  4. watak Buaya adalah pemalas 

Bacalah paragraf berikut! 

Pagi itu indah sekali di Puncak Pas.Matahari bersinar cerah menimpa pohon-pohon cemara yang kelihatan hijau. Sepanjang mata memandang , tampak kebun teh yang hijau segar. Langit sangat bersih dan berwarna biru cerah, menjadi pemandangan yang sungguh indah. 

  1. Pembuka cerpen di atas berisi tentang .... 

  1. alur 

  2. penokohan 

  3. Latar 

  4. D.tema 


Bacalah kutipan berikut! Burung Penyanyi merasa iba. Ia segera mencari cara untuk menghibur sahabatnya itu. "Teman, bagaimana kalau kau membuat gelembung - gelembung air dan aku bersenandung. kita lakukan bersamaan. suara yang dihasilkan pasti enak didengar." sifat burung.

  1. Penyanyi dalam cerita di atas adalah .... 

  1. rajin 

  2. pemalas 

  3. baik hati 

  4. pemarah 


Simak penggalan narasi berikut ini!

Waktu itu jam istirahat, seperti biasa aku memilih di perpustakaan. Bel tanda masuk berbunyi, aku segera kembali ke kelas. Ketika tiba di depan kelas, aku lihat teman-temanku diam semua dan mengerjakan tugas. Aku kira pelajarannya kosong. Ada tugas dan segera dikumpulkan. Aku senang sekali karena hari ini akan ada ulangan. 

  1. Perbaikan kalimat yang tercetak miring dalam paragraf di atas agar menjadi kalimat baku adalah. . .

  1. Aku mengira pelajarannya kosong. 

  2. Aku mengira pelajarannya kosong pada jam tersebut. 

  3. Aku kira pelajaran pada jam tersebut kosong. 

  4. Aku mengira bahwa pelajaran pada jam tersebut kosong. 

Bacalah paragraf berikut! 

Selama ini aku merasa bangga karena kedua orang tuaku selalu memerhatikanku. Seluruh kebutuhan sekolahku selalu tercukupi. Beberapa hari yang lalu aku mendapatkan hadiah kejuaraan olahraga sehingga kedua orang tuaku senang atas prestasi yang kuraih tersebut. 


  1. Paragraf di atas mengambil sumber tema....

  1. penelitian 

  2. pendapat orang lain

  3. pengalaman 

  4. pengamatan 


  1. Karangan atau tulisan yang berisi cerita rekaan atau didasari dengan angan-angan (fantasi) dan bukan berdasarkan kejadian nyata, hanya berdasarkan imajinasi pengarang disebut .... 

  1. teks non fiksi 

  2. teks eksplanasi 

  3. teks fiksi 

  4. teks narasi sejarah 

Perhatikan paragraf berikut! 

Ketika aku kecil, tubuhku sangat gemuk. Untuk duduk atau mengenakan sepatu aku harus dibantu ayah atau ibuku. Bukan karena aku manja, tetapi karena memang aku sulit untuk menekuk tubuhku lantaran terganjal perutku yang buncit. Dokter keluargaku menyarankan agar aku mencoba berolahraga dengan jenis olahraga yang paling aku sukai. Sudah kucoba berbagai jenis olahraga, mulai renang dan fitnes di tempat fitnes atau di rumah, namun semuanya tidak bertahan lama. Akhirnya, aku menemukan olahraga yang amat sangat aku sukai, yaitu bermain sepatu roda. Sungguh, sehari saja aku tidak menyentuh sepatu roda, rasanya kakiku gatal. 

  1. Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola pengembangan .... 

  1. eksposisi 

  2. persuasi 

  3. narasi 

  4. deskripsi 


Bacalah paragraf berikut dengan saksama! Sejak kecil aku gemar menari. Aku sering diajak ibu ke sanggar tarinya. Tidak jarang ibu mengajariku menari bersama murid-muridnya. Selain itu, ayah juga mengajariku disiplin mengikuti latihan tari. Oleh karena itu, ..... 

  1. Kata yang logis untuk melengkapi paragraf di atas adalah .... 

  1. aku terus rajin berlatih menari 

  2. aku mendapat fasilitas yang serba menyenangkan

  3. aku berhasil menjadi salah seorang penari nasional 

  4. aku sering diberi hadiah setiap habis menari 


Penggalan cerita fantasi berikut untuk nomor 33-34!

Harry Potter tinggal bersama Mr. & Mrs. Dursley dan sepupunya Dudley Dursley di Privet Drive. Hidupnya selama hampir 11 tahun dijalani dengan sangat mengenaskan. Dimana paman, bibi, dan sepupunya sama sekali tidak menyukai keberadaannya di keluarga mereka. Namun, sebuah surat atau tepatnya ratusan surat yang dikirimkan kepadanya tepat menjelang ultahnya yang kesebelas, telah membuat hidupnya berubah.” 

  1. Kalimat yang menunjukkan ciri teks cerita fantasi di atas adalah.... 


  1. Kalimat yang menunjukkan latar tempat pada teks fantasi di atas adalah....


Upik masih saja cemberut dari kemarin karena tidak tidak dibelikan kue stroberi di toko dekat rumahnya. Walau ibunya sudah menasihati, Upik tetap saja merengek-rengek kepada ibunya. Ibunya tahu bahwa Upik tidak suka makanan yang manis masam seperti kue stroberi yang dimintanya. 

  1. Penggalan cerpen tersebut berisi tentang .... 

  1. alur 

  2. penokohan 

  3. Setting 

  4. tema

Bacalah Paragraf berikut! 

Di zaman dahulu di satu hutan yang lebat, seekor kerbau bersahabat baik dengan Gajah mulai dari mencari makan sampai bermain di padang rumput, mereka selalu bersama-sama. Suatu hari, ketika mereka sedang bermain di padang rumput, tiba-tiba Raja Raksasa datang. 

  1. Tokoh cerita di atas adalah .... 

  1. Gajah, Kerbau, Buaya 

  2. Gajah, Buaya, Kerbau 

  3. Gajah, Kerbau, Raksasa 

  4. Gajah, Raksasa, Buaya 


Bacalah penggalan cerita fantasi berikut ! 

“Bersama kedua sahabat barunya, harry mengalami petualangan yang sangat mendebarkan. Mulai dari menghadapi Troll, menyelamatkan naga milik Hagrid, dan petualangan-petualangan tengah malam lainnya. Bertiga mereka menempuh bahaya, melewati anjing raksasa berkepala tiga, tanaman jerat setan, kunci-kunci terbang, troll, logika api, dan cermin Tarsah. Sehingga yang tersisa di akhir hanyalah harry yang langsung berhadapan dengan Voldemort dan abdi setianya”.

  1. Berdasarkan kesesuaiannya dalam kehidupan nyata penggalan cerita fantasi di atas termasuk.... 

  1. Fantasi irisan 

  2. Fantasi total 

  3. Fantasi lintas waktu 

  4. Fantasi waktu sezaman 


Bacalah paragraf berikut! 

"Bagaimana ini? Aku harus menyelamatkan Gajah," gumam Kerbau, khawatir. Kerbau terus berpikir, bagaimana cara menyelamatkan Gajah. Tapi, tak mungkin ia melawan Raja Raksasa. Tubuh Raja Raksasa sangat besar, bahkan melebihi tubuh Gajah. 

  1. Watak dari tokoh kerbau adalah .... 

  1. pemarah 

  2. setia kawan 

  3. berkhianat 

  4. jahat 24. 

  1. Tema, watak, tokoh, alur, latar dan amanat termasuk .... 

  1. kriteria cerita 

  2. arti cerita 

  3. ciri - ciri cerita 

  4. unsur cerita 


  1. Penulisan kalimat langsung yang benar dalam penulisan cerpen adalah .... 

  1. “Teman Ibu, ya?” tanya Ita kepada ibunya. 

  2. “Teman ibu,ya?” tanya Ita kepada ibunya. 

  3. “Teman Ibu,ya? tanya Ita kepada ibunya.” 

  4. “Teman Ibu, ya?” Tanya Ita kepada Ibunya. 


  1. Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran! Pernyataan tersebut merupakan kalimat .... 

  1. imperatif 

  2. berita 

  3. deklaratif 

  4. interogatif 


Cermati ilustrasi berikut! 

1) Tikus lapar menemukan keranjang yang penuh jagung. 2) Tikus masuk ke dalam keranjang melalui celah sempit. 3) Tikus makan jagung dengan sangat rakus hingga perutnya tiga kali lebih besar. 4) Tikus tidak dapat keluar dari keranjang dan mengerang-erang minta tolong. 5) Seekor musang lewat dan mengetahui kejadian yang menimpa tikus. 6) Musang menyatakan jika tikus akan keluar harus menunggu badannya kempes seperti semula. 

  1. Cerita fantasi berdasarkan ilustrasi tersebut .... 

  1. Ada sekeranjang jagung di suatu tempat. Seekor tikus sangat gembira karena mendapatkan banyak makanan. Ia ingin segera makan jagung itu. Akan tetapi celah keranjang itu sempit. Tikus dengan susah payah berusaha masuk dalam keranjang. Ia kekenyangan menyantap jagung itu. Tiba-tiba musang dating dan melihat tikus dengan rakus makan jagung itu. 

  2. Ada sekeranjang jagung makanan kesukaan tikus. Tikus telah memakannya dengan rakus. Perut tikus menjadi tiga kali lipat besarnya. Ia meminta tolong kepada musang yang sedang lewat. Musang segera menolong sahabatnya itu. Jagung itu masih tersisa banyak. Musang lalu memakan jagung itu hingga kenyang. 

  3. Seekor tikus lapar menemukan sebuah keranjang yang penuh jagung. Ia masuk ke dalam keranjang melalui celah sempit. Jagung itu dimakannya dengan rakus sampai perutnya tiga kali lipat besarnya. Tikus itu tidak dapat keluar dari keranjang jagung. Ia mengerang-ngerang minta tolong ke luar. Muncullah musang dan mengatakan pada tikus, jika mau keluar harus menunggu sampai perutnya kempes seperti semula. 

  4. Seekor tikus rakus menemukan sekeranjang jagung. Ia melahap jagung hingga puas dan kekenyangan. Akibatnya perutnya berubah menjadi tiga kali lipat. Ia tidak bias keluar karena celah dalam keranjang terlalu sempit. Tidak lama kemudian musang lewat. Ia merasa iba melihat kejadian itu. Kemudian, musang menolong tikus yang malang itu. 


  1. Di bawah ini yang termasuk teks fiksi adalah .... 

  1. Kisah Pahlawan 

  2. Kejadian nyata 

  3. Cerita dongeng hewan 

  4. Biografi 

  1. Penggunaan ejaan yang tepat terdapat pada kalimat .... 

  1. Sekarang saatnya Bawang Putih harus pergi. 

  2. Bawang merah sangat terkejut melihat isi labu itu

  3. Sang nenek berkata, “kamu hanya boleh membuka kalau sudah tiba di rumah”

  4. Setibanya di tepi pantai bawang putih mencari-cari suara ajaib itu. 


  1. Tokoh adalah .... 

  1. tempat 

  2. sifat 

  3. pemeran/pelaku 

  4. waktu 


Bacalah penggalan teks berikut! 

Pada suatu masa ada seekor kucing yang sangat awas dan sigap. Tikus-tikus takut memperlihatkan dirinya karena takut dimangsa oleh sang kucing, sehingga sang kucing harus mencari akal untuk menangkap mereka. Suatu hari sang kucing naik ke atas rak. Ia menggantungkan diri dengan satu kakinya pada tali, dengan kepala menghadap ke bawah, seolah-olah telah mati. Saat tikus-tikus melihat posisi kucing seperti itu, mereka menyangka bahwa sang kucing telah melakukan kesalahan. Dengan hati-hati para tikus mengeluarkan kepalanya dari sarang dan mengendus-endus ke sana ke mari. Karena tidak terjadi apa-apa, mereka melompat ke luar dari sarang seraya menari-nari untuk merayakan kebebasan mereka. Saat itulah sang kucing tiba-tiba melepaskan tali pegangan pada tali, dan sebelum tikus-tikus itu tersadar sang kucing telah menangkap tiga ekor tikus. 

  1. Bagian yang menceritakan kecerdasan tokoh kucing pada kutipan cerita tersebut adalah .... 

  1. Kucing dengan lincah dapat dapat menerkam tikus-tikus yang suka berkeliaran mencari tikus-tikus. 

  2. Kucing selalu siap siaga dengan cakarnya menerkam tikus-tikus yang berkeliaran mencari makan. 

  3. Tokoh kucing mengendus-endus ingin memangsa tikus yang berkeliaran mencari makan. 

  4. Kucing menggantungkan dirinya dengan satu kaki pada tali, dengan kepala ke bawah seolah olah dia telah mati 

  1. Suatu karangan atau tulisan yang menceritakan tentang kejadian nyata, yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya disebut .... 

  1. teks non fiksi 

  2. teks eksplanasi 

  3. teks fiksi 

  4. teks narasi sejarah 


  1. Penulisan kalimat langsung yang tepat adalah .... 

  1. Ibu Peri berkata, “Pergilah Cinderella, tapi kamu harus pulang sebelum tengah malam”.

  2. Sekarang saatnya kamu harus pergi Cinderella, “Bisik ibu peri”. 

  3. Dengan gugup Cinderella berkata, “saya ingin pergi pergi ke pesta, tapi mereka meninggalkan aku di sana”. 

  4. “Mengapa engkau menangis, Cinderella”, sebuah suara lembut berbisik 


  1. Amanat cerita adalah .... 

  1. tema cerita 

  2. urutan tokoh 

  3. isi cerita 

  4. pesan yang disampaikan melalui cerita 

  1. Kutipan cerita berikut yang merupakan struktur resolusi dalam cerita fantasi adalah…. 

  1. Alien itu berhidung mancung. Dengan hidungnya yang menjulang ia mengendus sekeliling. Sepertinya ia bingung dan mencoba mengenali tempat itu. Matanya yang sebesar biji kemiri berkedip-kedip memamerkan cahaya kehijauan. 

  2. Pasukan terdepan dari binatang-binatang hutan segera mengepung para serigala dengan lemparan bola api. Pasukan serigala sempat kaget tak percaya, karena korban berjatuhan di pihak mereka karena lemparan bola api. Namun pemimpin pasukan serigala kembali mengatur siasat pada posisi menyerang. 

  3. Tiga rumah bergaya kerucut menyambut mataku. Ketika aku memandang satu persatu, ternyata rumah itu memiliki model yang sama. Hanya satu yang membedakan ketiga rumah itu, yaitu warna pintunya. 

  4. Pak Raden mengambil cangkul yang ada di sampingnya, dan mengarahkan kepada harimau itu. Lalu tembuslah cangkul itu di perut harimau, kemudian harimau itupun mati. Setelah berhasil membunuh harimau itu, Pak Raden mengangkat bayi itu dan membawanya pulang bersamanya untuk diurus dan diangkat menjadi anaknya


  1. Penggunaan pestisida dapat menyebabkan .... 

  1. pencemaran air dan udara 

  2. pencemaran udara dan tanah 

  3. pencemaran udara 

  4. pencemaran air dan tanah 


  1. Cara yang benar dalam pelestarian lingkungan adalah .... 

  1. membuang limbah ke laut 

  2. membersihkan lingkungan dengan teratur 

  3. membuang sampah sembarangan 

  4. penebangan pohon 

  1. Kalimat berikut yang tidak menggunakan kata sambung penanda urutan waktu adalah .... 

  1. Akhirnya, Nataga bingung mendengar kekalahan pasukan serigala. 

  2. Tanpa di duga labu itu berisikan perhiasan emas dan berlian 

  3. Farta sampai di planet Mars dan bertemu Tatao, hal itu terjadi dua tahun kemudian. 

  4. Setelah kantong ajaib terbuka Doraemon kembali ke masa lampau. 


Bacalah paragraf berikut untuk soal 45-56!


Jaka Gledek Anak Ajaib


Alkisah, di sebuah desa di lereng lembah Gianti, pada suatu malam lahirlah seorang bayi dari rahim seorang perempuan miskin. Perempuan miskin itu hidup sendirian dan tidak ada warga yang mengetahui bahwa dia sedang hamil. Ketika bayi itu lahir, hujan lebat beserta petir sedang melanda. Tepat pada tengah malam, sang bayi lahir bersamaan dengan petir yang menyambar rumah perempuan itu dan menyebabkan rumah terbakar. perempuan itu mati terbakar dan secara ajaib, sang bayi berhasil selamat. Ia ditemukan keesokan harinya oleh seorang pengemis tua dan diasuhnya sang bayi tersebut. Bayi itu diberi nama Jaka Gledek untuk mengenang peristiwa petir yang menyambar rumahnya. 


Jaka Gledek tumbuh sebagai bayi yang nakal dan suka mengganggu temannya. Tubuhnya besar, membuat teman-temannya takut padanya. Ia pun memiliki sebuah kelebihan, yaitu kebal terhadap api. Karena kenakalannya, warga desa tidak menyukainya. Pak RT termasuk warga yang sangat membenci Jaka Gledek karena anaknya sering menjadi korban kenakalan Jaka Gledek. Pak RT bersama para warga mengadakan rapat untuk membahas Jaka Gledek. Mereka sepakat untuk mengusir Jaka Gledek apabila kenakalannya tidak dapat dikendalikan lagi. Pada suatu malam Jumat, hujan petir kembali melanda desa. Warga takut rumah mereka akan disambar petir. Petir ternyata menyambar beberapa rumah warga, termasuk rumah Pak RT yang akhirnya terbakar. Para warga mengungsi ke tempat yang aman, termasuk Pak RT. Tapi ternyata, anak Pak RT tidak sempat ikut mengungsi karena ia sedang tidur dan pintunya terkunci. Ia tidak sempat menyelamatkan diri. Jaka 

Gledek yang mengetahui bahwa anak Pak RT yang masih berada di rumah, segera menuju ke rumah Pak RT dan menyelamatkan anak Pak RT. Tanpa takut, ia menerobos rumah yang terbakar dan segera mendobrak kamar anak Pak RT dan menyelamatkannya. Para warga merasa lega dan berterima kasih pada Jaka Gledek terutama Pak RT. Setelah kejadian itu mereka tidak lagi menganggap Jaka Gledek sebagai anak nakal. Mereka bahu-membahu membantu Jaka Gledek dengan menyekolahkannya agar Jaka Gledek mempunyai pendidikan budi pekerti. Setelah sekolah, Jaka Gledek sadar bahwa kekuatannya seharusnya tidak digunakan untuk nakal pada temannya. Justru ia dapat menolong banyak orang dengan kekuatan supernya itu.



  1. Alur teks cerita fantasi di atas menggunakan alur .... 

  1. Pengenalan – klimaks- muncul masalah 

  2. Pengenalan - rangkaian kejadian – klimaks - resolusi 

  3. Mulai munculnya masalah - klimaks-resolusi 

  4. Pengenalan– resolusi- klimaks- masalah 


  1. Berdasarkan teks cerita fantasi di atas, latar tempatnya adalah .... 

  1. di lingkungan pasar 

  2. di lingkungan sekolah 

  3. di lingkungan desa 

  4. di lingkungan hutan 


  1. Tokoh utama yang ada dalam teks cerita fantasi di atas adalah ....

  1. Pengemis 

  2. Pak RT 

  3. Warga Desa 

  4. Jaka Gledek 

  1. 4. Pada paragraf kedua pada teks cerita fantasi di atas termasuk ....

  1. orientasi 

  2. resolusi 

  3. komplikasi 

  4. reorientasi 


Bacalah kalimat berikut! 

Bu guru tiba - tiba mengadakan ulangan Bahasa Indonesia. soal - soalnya tentang puisi. Wah, beruntung aku sudah belajar di rumah. Jadi, aku santai saja menghadapi ulangan itu.

  1. Tulisan di atas bercerita tentang peristiwa di .... 

  1. UKS 

  2. aula 

  3. kelas 

  4. lapangan 


  1. Narasi berasal dari bahasa Latin narrare yang berarti .... 

  1. menceritakan 

  2. diceritakan 

  3. mendongeng 

  4. mendengarkan 


  1. Suatu bentuk wacana yang sasaran utamanya adalah tindak-tanduk yang dijalin dan dirangkaikan menjadi sebuah peristiwa dalam satu kesatuan waktu disebut .... 

  1. narasi 

  2. novel 

  3. cerpen 

  4. biografi 

  1. Menurut Gorys Keraf, jenis teks narasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu .... 

  1. resmi dan tidak resmi 

  2. baku dan tidak baku 

  3. ekspositoris dan sugestif 

  4. impor dan ekspor 


  1. Kami terdiam. Si terhukum dikeluarkan dari rumah. Tangannya diikat. Orangnya besar, tinggi berkumis, dan berjanggut tebal. Mulutnya ganas dan matanya terkilat-kilat. Si terhukum dalam penggalan cerita di atas digambarkan sebagai seorang yang .... 

  1. pemberani 

  2. penakut 

  3. bengis

  4. berjiwa kerdil 


  1. Sudah sepuluh tahun Zakaria dan istrinya tinggal di desa. Sekarang, ... dan istrinya bermaksud untuk pindah dan tinggal di kota ... pindah dengan maksud mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Kata ganti yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah .... 

  1. mereka, ia 

  2. ia , mereka 

  3. mereka, kami 

  4. ia, kita 

Bacalah kutipan berikut! 

Kami tiba di terminal. “Lebih baik Om naik Indah Murni saja,” kataku. Bus ini lewat jalan tol, paling-paling cuma setengah jam ke Cililitan. 

  1. Kutipan cerpen di atas menggambarkan latar tempat di .... 

  1. terminal 

  2. jalan tol 

  3. Cililitan 

  4. bus Indah Murni 


Ketika mendengar bunyi harimau mengaum, mereka serentak berhenti bekerja. Wak Katok menghentikan pisaunya sekaligus melepaskan kulit rusa dari badannya dan yang lain duduk atau berdiri kaku. 

  1. Latar (suasana) kutipan cerita tersebut adalah .... 

  1. gembira 

  2. bahagia 

  3. dukacita 

  4. menegangkan


Bacalah teks berikut untuk soal nomor 65-68! 

"Orang gila!" Seseorang tiba-tiba disampingnya. Si orang gila menoleh gadis tengah berdiri di depannya, menatapnya dengan cemas. "Ayo pergi, kau bisa meninggal di sini!" Ia memperingatkan. 


Si orang gila hanya memandangnya tanpa reaksi. Ia mengenalinya sebagai gadis yang hampir tiap pagi memberinya makanan, tak lebih dari itu. Sampai sejauh ini, ia pun hanya menduga si gadis akan memberinya sesuatu yang dapat dimakan. "Ayo, tinggalkan kota!" kata si gadis lagi. 

Masih tak ada reaksi. Kemudian, rentetan senjata mulai terdengar kembali. Bergemuruh dan bersahutan. Bergerak semakin mendekat. 


  1. Penggunaan kata atau ungkapan keterkejutan dalam teks tersebut di atas terdapat pada kalimat .... 

  1. "Ayo pergi kau bisa meninggal di sini!" Ia memperingatkan 

  2. Kemudian, rentetan senjata mulai terdengar kembali 

  3. "Orang gila!" seseorang tiba-tiba di sampingnya

  4. "Ayo, tinggalkan kota!" kata si gadis lagi 


  1. Amanat yang terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah .... 

  1. Kita harus murah hati dan peduli terhadap orang yang menolong kita 

  2. Kita harus memikirkan keselamatan diri sendiri terlebih dahulu 

  3. Jangan suka berprasangka buruk kepada orang lain di sekitar kita 

  4. Sebaiknya, kita berterima kasih kepada yang menolong kita 


  1. Watak tokoh gadis dalam kutipan teks tersebut adalah .... 

  1. Tegas dan suka memerintah 

  2. Baik hati dan keras kepala 

  3. Acuh dan suka memerintah 

  4. Peduli dan baik hati 


  1. Kutipan teks tersebut adalah struktur teks narasi bagian .... 

  1. Resolusi 

  2. Korelasi 

  3. Komplikasi 

  4. Orientasi 


Posting Komentar

0 Komentar

Ikuti

Tags

close