Soal Memberi Tanggapan dengan Santun Kelas 9 SMP Berserta Kunci Jawaban

Soal Memberi Tanggapan dengan Santun Kelas 9 SMP Berserta Kunci Jawaban

Cermati teks berikut!

Menjamurnya televisi swasta berarti kita semakin mudah menikmati hiburan. Di sinilah kita mesti berhati-hati dalam memilih program yang pas untuk dinikmati. Hendaknya, orang tua juga memperhatikan anak anaknya dalam memilih acara televisi dengan menjelaskan mana yang baik dan mana yang buruk untuk ditonton.

  1. Tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah... 

  1. televisi swasta semakin menjamur dan mudah dinikmati. 

  2. orang tua harus mengarahkan anaknya dalam memilih acara televisi 

  3. acara televisi swasta bervariasi dan pas untuk dinikmati 

  4. orang tua harus berhati hati 


Masalah sosialisasi merupakan masalah dalam tumbuh kembang anak. Berhubung lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain dengan mesin (bukan manusia), si praremaja bisa merasa canggung dan kurang nyaman kala datang kesempatan untuk bergaul dengan temannya. 

  1. Paragraf di atas dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian dari struktur teks berupa.... 

  1. insiden 

  2. deskripsi teks 

  3. evaluasi 

  4. narasi 


Bacalah kalimat berikut!

Banyak warga yang membuang sampah di sungai. Akhirnya sungai pun menjadi tersumbat dan menimbulkan banjir 

  1. Tanggapan atau saran yang santun terhadap masalah di atas ialah ….

  1. Seharusnya para warga tidak membuang sampah di sungai, agar air sungainya tidak tersumbat dan tidak menyebabkan banjir. 

  2. Seharusnya para warga tetap membuang sampah di sungai, agar air sungainya tersumbat dan menyebabkan banjir. 

  3. Seharusnya para warga harus membuang sampah di sungai, agar air sungainya tersumbat dan menyebabkan banjir. 

  4. Seharusnya para warga sering membuang sampah di sungai, agar air sungainya tersumbat dan menyebabkan banjir. 

Perhatikan kutipan berikut! 

Setelah sukses membesut Rindu (terbitan republika, 2014) yang mencetak best seller, Tere Liye hadir kembali dengan novel barunya, Pulang. Penulis yang telah menghasilkan lebih dari 20 buku ini menghadirkan novel dengan tema dan genre yang berbeda dibanding novel-novel sebelumnya. Tema yang dihadirkan adalah perihal perjalanan sang tokoh utama mengarungi kehidupan melewati satu pertarungan ke pertarungan berikutnya demi memeluk erat kesedihan dan kebencian lantas menuju ujung yakni pulang ke hakikat kehidupan. 

  1. Kutipan teks di atas merupakan bagian struktur teks tanggapan berupa.... 

  1. Penilaian terhadap karya 

  2. Konteks pengarang dan karyanya 

  3. Deskripsi pengarang dan karyanya 

  4. Penilaian terhadap penerbit 


Bacalah paragraf-paragraf berikut ini! 

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bagaimana gambaran anak akan dirinya ditentukan oleh interaksi yang dilakukan ibu dengan anak.Peranan ibu sebagai suri teladan bagi anaknya bertujuan agar ibu mampu menjadi contoh bagi anak-anaknya.Jadi, untuk melakukan peran sebagai suri teladan, ibu harus memiliki nilai-nilai baik yang tercermin dalam sikap dan perilakunya.Keluarga merupakan lembaga sosial yang paling besar perannya bagi kesejahteraan dan kelestarian anggotanya, terutama anak-anak. 

  1. Paragraf yang merupakan bagian penegasan ulang pada teks tanggapan kritis tersebut adalah paragraf .... 

  1. 1 dan 3 

  2. 2 dan 4 

  3. 1 dan 2 

  4. 3 dan 4 


  1. Yang tidak termasuk struktur teks tanggapan kritis adalah .... 

  1. Deskripsi teks 

  2. Evaluasi 

  3. Argumentasi 

  4. Penegasan ulang 

  1. Yang bukan ciri ciri teks tanggapan kritis adalah... 

  1. menghadirkan opini penulis secara universal 

  2. menggunakan proses penilaian yang objektif dan subjektif 

  3. terdapat pengalaman hidup seseorang 

  4. menunjukan fakta dan data kualitatif atau kuantitatif 


  1. Struktur teks tanggapan kritis terdiri dari .... 

  1. Evaluasi – Deskripsi teks – Penegasan ulang 

  2. Orientasi – insiden – interpretasi – koda 

  3. Identifikasi – Klasifikasi – Deskripsi bagian 

  4. Orientasi – komplikasi – resolusi 


Di Indonesia masih banyak ditemukan layanan yang terkesan tidak menyeluruh, peralatan kurang canggih, dan dokter-dokter yang terlihat tidak percaya diri. Padahal kalau ditilik secara keseluruhan, RS di Indonesia banyak yang memiliki layanan yang lebih bagus serta peralatan lebih lengkap dan tentu saja lebih murah karena lokasinya dekat. 

  1. Dilihat dari isinya, teks di atas termasuk jenis teks.... 

  1. Ulasan

  2. Tanggapan deskriptif 

  3. Tanggapan kritis 

  4. Eksposisi 


Cermati kutipan teks tanggapan kritis berikut ini!

Film ini kemudian berbicara tentang keserakahan Wak Weceh yang hendak mengeruk keuntungan sebesar-besarnya dari popularitas Tina. Sutradara Aditya Gumay juga sempat berusaha menyampaikan sindirannya terhadap orang tua atau anggota keluarga yang berambisi agar seorang anak bisa terkenal. 

  1. Kutipan teks tanggapan kritis tersebut menjelaskan ... film. 

  1. kuantitas 

  2. resume 

  3. kelebihan 

  4. kekurangan 

  1. Yang bukan ciri ciri teks tanggapan kritis adalah.... 

  1. menghadirkan opini penulis secara universal 

  2. menggunakan proses penilaian yang objektif dan subjektif 

  3. terdapat pengalaman hidup seseorang 

  4. menunjukan fakta dan data kualitatif atau kuantitatif 


  1. Ciri-Ciri Teks Tanggapan kritis.... 

  1. struktur terdiri dari orientasi, Insiden, interpretasi dan amanat

  2. ciri-ciri bahasa menggunakan kalimat kompleks, kata rujukan dan konjungsi 

  3. strukturnya terdiri dari Evaluasi, Deskripsi teks, penegasan ulang. 

  4. memuat cerita fiksi 


  1. Salah satu ciri-ciri teks tanggapan adalah .... 

  1. memiliki tiga struktur yaitu konteks, deskripsi, dan penilaian 

  2. menggambarkan sesuatu yang melibatkan pancaindra 

  3. menjelaskan ciri-ciri objek, seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan 

  4. membuat pembaca merasakan atau mengalami sendiri 


  1. Apa yang dimaksud dengan penegasan ulang pada struktur teks tanggapan kritis.... 

  1. bagian awal teks yang berisi pernyataan umum 

  2. bagian tengah teks yang berisi informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan dan menolak pernyataan 

  3. bagian akhir teks tanggapan kritis yang berisi penegasan pendapat terhadap apa yang dilakukan dan diputuskan 

  4. nama sebuah karangan 


Bacalah paragraf berikut! 

Di Indonesia masih banyak ditemukan layanan yang terkesan tidak menyeluruh, peralatan kurang canggih, dan dokter-dokter yang terlihat tidak percaya diri. Padahal kalau ditilik secara keseluruhan, RS di Indonesia banyak yang memiliki layanan yang lebih bagus serta peralatan lebih lengkap dan tentu saja lebih murah karena lokasinya dekat. 

  1. Teks tersebut termasuk teks tanggapan kritis bagian....

  1. Evaluasi 

  2. Deskripsi teks 

  3. Penegasan ulang 

  4. Refleksi 

Di Indonesia masih banyak ditemukan layanan yang terkesan tidak menyeluruh, peralatan kurang canggih, dan dokter-dokter yang terlihat tidak percaya diri. Padahal kalau ditilik secara keseluruhan, RS di Indonesia banyak yang memiliki layanan yang lebih bagus serta peralatan lebih lengkap dan tentu saja lebih murah karena lokasinya dekat. 

  1. Dilihat dari isinya, teks di atas termasuk jenis teks.... 

  1. Ulasan 

  2. Tanggapan deskriptif 

  3. Tanggapan kritis 

  4. Eksposisi 


  1. Struktur yang membentuk teks tanggapan kritis adalah.... 

  1. orientasi, insiden, penegasan ulang 

  2. evaluasi, deskripsi teks, penegasan ulang 

  3. evaluasi, insiden, penegasan ulang 

  4. orientasi, deskripsi teks, penegasan ulang 


  1. Ketika mengkritik, kita boleh melakukan hal-hal dibawah ini kecuali .... 

  1. Menunjukkan kekurangan karya seni 

  2. Menggunakan bahasa berkonotasi negatif

  3. Menawarkan solusi 

  4. Tidak bermaksud menjatuhkan nama baik. 


  1. Bagian tengah teks yang berisi informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan dan yang menolak pernyataan dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian .... 

  1. orientasi 

  2. insiden 

  3. deskripsi teks 

  4. evaluasi 

Menurut penelitian yang pernah dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics—yang antara lain dilakukan di Seattle Children’s Research Institute (2011), Iowa State University (2010), dan Stanford University School of Medicine (2009), kebanyakan main game bisa mengganggu proses tumbuh kembang anak. 

  1. Paragraf di atas dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian dari struktur teks berupa.... 

  1. insiden 

  2. orientasi 

  3. evaluasi 

  4. narasi 


Dalam teks tentang penggunaan media sosial dijelaskan tentang fenomena penggunaan media sosial. Banyak hal yang dapat dinikmati dari penggunaan media sosial. Pada teks ini akan dibahas tentang berbagai hal seputar penggunaan media sosial. 

  1. Bagian kutipan di atas adalah bagian dari... 

  1. Penutup. 

  2. Isi. 

  3. Pembukaan. 

  4. Solusi 


  1. Berikut ini hal yang perlu dilakukan saat menyusun teks tanggapan kritis, kecuali.... 

  1. Menentukan tema 

  2. Identifikasi masalah 

  3. Menyusun kalimat tanggapan kritis berdasarkan hasil analisis 

  4. Memberikan tanggapan berupa kalimat penegasan terhadap masalah dan tidak perlu memberikan solusi 

  1. Bagian awal teks yang berisi pernyataan umum tentang apa persoalan yang disampaikan penulis dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian .... 

  1. evaluasi 

  2. insiden 

  3. orientasi 

  4. interpretasi 


  1. Bagian akhir teks yang berisi penegasan ulang terhadap apa yang sudah dilakukan dan diputuskan dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian .... 

  1. evaluas

  2. insiden 

  3. penegasan ulang 

  4. interpretasi 


Secara umum, teks tentang meningkatkan daya tahan tubuh sudah cukup baik. Kelebihan dari teks ini adalah bahasa yang digunakan sederhana dan mudah dipahami. Kekurangan dari teks ini adalah kurangnya informasi tentang minuman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

  1. Bagian kutipan di atas adalah bagian dari... 

  1. Fenomena pentingnya meningkatkan daya tahan tubuh. 

  2. Pertimbangan baik buruknya teks tentang meningkatkan daya tahan tubuh. 

  3. Rekomendasi cara meningkatkan daya tahan tubuh. 

  4. Rangkuman isi teks tentang meningkatkan daya tahan tubuh. 


  1. Putra selalu membuang sampah di sembarang tempat. Ia pun dihukum oleh Pak guru. 

  1. Seharusnya Putra membiasakan membuang sampah di tempat sampah, agar kelas tetap bersih dan ia tidak dihukum oleh Pak guru 

  2. Putra tidak perlu merubah kebiasaan membuang sampah di tempat sampah, karena dihukum oleh Pak guru merupakan keren 

  3. Putra tidak perlu merubah kebiasaan membuang sampah di tempat sampah, karena sudah ada tugas piket 

  4. D.Putra tidak perlu merubah kebiasaan membuang sampah di tempat sampah, kelas kotor bukan tanggung jawabnya 

Judul : Student Hidjo Penulis : Marco Kartodikmoro 

Penerbit : NV Boel handel en Drukkerij Masman & Stroink, Semarang (1919), Yayasan Aksara Indonesia (2000), Yayasan Bentang Budaya(2000) 

Tebal : 133 halaman (versi Masman & Stroink) 

  1. Kutipan tersebut merupakan bagian struktur teks tanggapan yaitu konteks karena berisi tentang ... 

  1. Apa yang ditanggapi, di mana, kapan peristiwa terjadi, peristiwa apa, politik, sosial, budaya.

  2. Bagaimana sesuatu terealisasi/diciptakan atau dihasilkan. 

  3. Apa yang kita pikirkan tentang sesuatu it 

  4. Identitas buku dan pengarang 


Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini! 

Berangkat dari hal-hal di atas, patut kiranya dikatakan bahwa larangan merokok di tempat umum sebagai upaya menciptakan lingkungan udara yang bersih.Larangan merokok di tempat umum menjadi perdebatan yang marak di masyarakat.Menurut pendapat saya, materi-materi yang diajarkan di SMK tidak seluas materi yang diajarkan di SMA.”Siswa SMK dapat pengetahuan tidak lebih banyak daripada siswa SMA”, pendapat ini disampaikan oleh salah seorang blogger pada salah satu postingan blognya. 

  1. Dari keempat kalimat di atas, yang termasuk ke dalam struktur tafsiran (teks tanggapan kritis) dan simpulan (teks diskusi) terdapat pada kalimat nomor....

  1. 1 dan 4 

  2. 3 dan 1 

  3. 2 dan 3 

  4. 1 dan 2 

Setelah sukses membesut Rindu (terbitan republika, 2014) yang mencetak best seller, Tere Liye hadir kembali dengan novel barunya, Pulang. Penulis yang telah menghasilkan lebih dari 20 buku ini menghadirkan novel dengan tema dan genre yang berbeda dibanding novel-novel sebelumnya. Tema yang dihadirkan adalah perihal perjalanan sang tokoh utama mengarungi kehidupan melewati satu pertarungan ke pertarungan berikutnya demi memeluk erat kesedihan dan kebencian lantas menuju ujung yakni pulang ke hakikat kehidupan.

  1. Kutipan teks di atas merupakan bagian struktur teks tanggapan berupa... 

  1. Penilaian terhadap karya 

  2. Konteks pengarang dan karyanya 

  3. Deskripsi pengarang dan karyanya 

  4. Penilaian terhadap penerbit 


  1. Pendapat ataupun reaksi seseorang setelah melihat,mendengar ataupun merasakan sesuatu... 

  1. Tanggapan 

  2. Saran 

  3. Alasan 

  4. Kritik 


  1. Menanggapi tindakan atau pendapat orang lain berupa usulan... 

  1. Tanggapan

  2. Saran 

  3. Alasan 

  4. Kritik 


Aufa malas belajar. Ia pun tidak bisa mengerjakan soal. 

  1. Tanggapan yang santun terhadap teks tersebut adalah …..

  1. Sebaiknya Aufa tidak malas belajar, agar ia bisa mengerjakan soal. 

  2. Sebaiknya Aufa tetap malas belajar, agar ia bisa mengerjakan soal 

  3. Sebaiknya Aufa kadang-kadang malas belajar, agar ia bisa mengerjakan soal.

  4. Sebaiknya Aufa sering malas belajar, agar ia bisa mengerjakan soal. 

  1. Untuk meyakinkan pembaca dalam teks tanggapan kritis merupakan tujuan utama. Faktor ini harus dituliskan dalam teks untuk bukti bahwa tanggapan tersebut disampaikan dengan cara yang ilmiah. Faktor tersebut adalah.... 

  1. data dan fakta 

  2. keterangan 

  3. observasi 

  4. pemikiran 


Rani malas sekali untuk menulis. Akhirnya ia pun sekarang tulisannya jelek. 

  1. Tanggapan santun dari ilusterasi di atas ialah ….

  1. Sebaiknya Rani itu tetap malas untuk menulis, supaya tulisannya bisa lebih rapi 

  2. Sebaiknya Rani itu tidak malas untuk menulis, supaya tulisannya bisa lebih rapi 

  3. Sebaiknya Rani itu kadang-kadang malas untuk menulis, supaya tulisannya bisa lebih rapi 

  4. Sebaiknya Rani itu sering malas untuk menulis, supaya tulisannya bisa lebih rapi 


  1. Dalam teks tanggapan kritis terdapat paragraf-paragraf yang disusun dengan logika yang harus meyakinkan. Dalam setiap paragraf disusun dengan aturan yang benar. Berapa kalimat utama yang seharusnya ada dalam satu paragraf? 

Putri disiplin di kelas. Ia selalu berangkat pagi sebelum jam tujuh. 

  1. Teks tanggapan kritis dari ilusterasi di atas ialah ….

  1. Sikap disiplin Putri tidak perlu kita contoh, selalu berangkat pagi sebelum jam tujuh merupakan contoh sikap yang buruk. 

  2. Sikap disiplin Putri tidak perlu kita contoh, selalu berangkat pagi sebelum jam tujuh merupakan contoh sikap yang sok pamer 

  3. Sikap disiplin Putri tidak perlu kita contoh, selalu berangkat pagi sebelum jam tujuh merupakan contoh sikap yang cari perhatian 

  4. Sikap disiplin Putri perlu kita contoh, selalu berangkat pagi sebelum jam tujuh merupakan contoh sikap yang baik. 


Demikian tanggapan tentang teks yang berjudul “Memanfaatkan Barang Bekas Menjadi Barang yang Bermanfaat” sudah cukup baik. Ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, antara lain pilihan kata yang tepat. Jika dari aspek pilihan kata dapat diperbaiki, teks ini akan lebih mudah dipahami pada masa yang akan datang dan dapat direkomendasikan untuk dibaca oleh semua kalangan. 

  1. Bagian kutipan di atas adalah bagian dari... 

  1. Gambaran isi teks 

  2. Isi dari teks 

  3. Identitas teks 

  4. Saran untuk perbaikan teks 


Bayu anak yang rajin di kelas. Ia pun menjadi bintang kelas dan disayang bapak ibu guru. 

  1. Tanggapan yang santun terhadap ilusterasi di atas ialah ...

  1. Sifat Bayu yang rajin tidak perlu dipertahankan, karena ia bisa tetap menjadi bintang kelas dan disayang bapak ibu guru 

  2. Bayu tidak perlu rajin karena ia bisa tetap menjadi bintang kelas dan disayang bapak ibu guru

  3. Sifat Bayu yang rajin perlu dipertahankan, agar ia bisa tetap menjadi bintang kelas dan disayang bapak ibu guru 

  4. Sifat Bayu rajin kadang-kadang saja, bagaimanapun ia bisa tetap menjadi bintang kelas dan disayang bapak ibu guru 

Hal ini berarti game online sangat berbahaya bagi penggunanya, untuk itu kita perlu menyikapinya dengan sangat bijaksana.

  1. Paragraf di atas dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian dari struktur teks berupa.... 

  1. insiden 

  2. deskripsi teks 

  3. evaluasi 

  4. penegasan ulang 


Bacalah kalimat-paragraf berikut! 

Unsur kebahasaan itu menjadi ciri yang dapat membedakan teks tanggapan kritis dengan teks lain. Misalnya, penggunaan ungkapan untuk menguatkan dan melemahkan, ungkapan untuk melihat sudut pandang orang lain, ungkapan untuk menggambarkan penegasan ulang, urutan bilangan, dan gaya bahasa.

  1. Kalimat “Saya sependapat dengan hal itu.” merupakan jenis ungkapan yang berfungsi untuk .... 

  1. Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan 

  2. Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis 

  3. Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain 

  4. Ungkapan tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain 


Bacalah kalimat-paragraf berikut!

Panji tekun berlatih sepakbola. Kini ia menjadi kapten tim sepakbola sekolahnya. 

  1. Tanggapan yang santun dari teks tersebut di atas ialah ….

  1. Kita tidak harus meniru sikap Panji yang tekun berlatih sepakbola, karena sikap tekun tidak bisa membuat kita meraih prestasi. 

  2. Kita tidak harus meniru sikap Panji yang tekun berlatih sepakbola, sikap tekun bisa membuat kita gagal meraih prestasi. 

  3. Kita harus bisa meniru sikap Panji yang tekun berlatih sepakbola, sikap tekun bisa membuat kita meraih prestasi. 

  4. Kita tidak harus bisa meniru sikap Panji yang tekun berlatih sepakbola, sikap tekun tidak menjamin membuat kita meraih prestasi 

Bacalah paragraf berikut! 

Pentas Seni SMP Denabel telah berakhir dengan sukses. Kerja keras panitia membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Mulai dari seksi acara, konsumsi, seksi keamanan semua berjalan baik. Namun, ada satu hal yang terlupakan, yaitu koordinasi. Koordinasi antara panitia dengan pihak sekolah kurang terjalin, sehingga ada beberapa hal yang tidak berjalan. Banyak guru di sekolah tersebut yang tidak hadir karena keterbatasan informasi. Acara lebih didominasi acara siswa. Lebih terkesan, tidak ada guru pun, acara tetap berjalan. 

  1. Struktur teks Tanggapan Kritis yang tepat untuk paragraf tersebut adalah .... 

  1. Evaluasi 

  2. Tafsiran 

  3. Kesimpulan 

  4. Abstrak 


Sigit jahil di kelas. Ia dimarahi oleh gurunya 

  1. Tanggapan yang santun untuk Sigit ialah ….

  1. Sebaiknya Sigit tetap nakal di kelas, agar ia tidak dimarahi oleh gurunya. 

  2. Sebaiknya Sigit tidak nakal di kelas, agar ia tidak dimarahi oleh gurunya. 

  3. Sebaiknya Sigit kadang-kadang nakal di kelas, agar ia tidak dimarahi oleh gurunya. 

  4. Sebaiknya Sigit sering nakal di kelas, agar ia tidak dimarahi oleh gurunya. 


  1. Putra naik sepeda dengan ngebut. Hingga ia pun terjatuh dan terluka

  1. Seharusnya Putra ketika naik sepeda tetap ngebut-ngebut, supaya ia mudah terjatuh dan terluka. 

  2. Seharusnya Putra ketika naik sepeda jangan ngebut-ngebut, supaya ia tidak mudah terjatuh dan terluka. 

  3. Seharusnya Putra ketika naik sepeda harus ngebut-ngebut, supaya ia mudah terjatuh dan terluka. 

  4. Seharusnya Putra ketika naik sepeda sering ngebut-ngebut, supaya ia mudah terjatuh dan terluka. 

Di Indonesia masih banyak ditemukan layanan yang terkesan tidak menyeluruh, peralatan kurang canggih, dan dokter-dokter yang terlihat tidak percaya diri. Padahal kalau ditilik secara keseluruhan, RS di Indonesia banyak yang memiliki layanan yang lebih bagus serta peralatan lebih lengkap dan tentu saja lebih murah karena lokasinya dekat. 

  1. Dilihat dari isinya, teks di atas termasuk jenis teks.... 

  1. Ulasan 

  2. Tanggapan deskriptif 

  3. Tanggapan kritis 

  4. Eksposisi 


Bacalah teks berikut! 

Penggunaan telepon seluler di sekolah sering kali menimbulkan persoalan. Persoalan bisa saja disebabkan karena kelalaian si pemilik telkomsel sehingga alat tersebut hilang. Lalu, semua pihak, baik guru, maupun peserta didik jadi repot karena mengurusi hal tersebut. Hal lain, dimungkinkan karena peraturan sekolah yang lemah. 

  1. Struktur teks tanggapan kritis yang tepat untuk paragraf tersebut adalah .... 

  1. Evaluasi 

  2. Tafsiran 

  3. Kesimpulan 

  4. Abstrak 


  1. Salah satu struktur teks tanggapan kritis.... 

  1. Evaluasi 

  2. kesimpulan 

  3. deskripsi prosedur 

  4. langkah kerja 


  1. Teks di atas termasuk teks tanggapan kritis bagian.... 

  1. Evaluasi 

  2. Deskripsi teks 

  3. Penegasan ulang 

  4. Refleksi 

  1. Ayu suka hujan-hujanan. Besoknya ia pun menjadi masuk angin 

  1. Sebaiknya Ayu sering hujan-hujanan, agar ia terus masuk angin lagi. 

  2. Sebaiknya Ayu tetap hujan-hujanan, agar ia terus masuk angin lagi. 

  3. Sebaiknya Ayu harus membiasakan hujan-hujanan, agar ia terus masuk angin lagi. 

  4. Sebaiknya Ayu tidak membiasakan hujan-hujanan, agar ia tidak menjadi masuk angin lagi. 


Bacalah paragraf berikut! 

Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat diperlukan. Akan tetapi, banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika mereka bermain game online tidak secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja kita. 

  1. Paragraf ini berdasarkan isi dan cirinya merupakan bagian dari teks .... 

  1. teks eksemplum 

  2. teks tanggapan kritis 

  3. teks cerpen 

  4. teks tanggapan deskriptif 


  1. Struktur teks tanggapan kritis terdiri dari .... 

  1. Evaluasi–Deskripsi teks–Penegasan ulang 

  2. Orientasi–insiden–interpretasi–koda 

  3. Identifikasi–Klasifikasi–Deskripsi bagian 

  4. orientasi–komplikasi–resolusi 


Perhatikan kalimat kalimat berikut! 

  1. Tim penyelamat tengah mencari sampai 500 orang yang hilang termasuk sekelompok wisatawan Australia yang sedang berlayar dalam kapal wisata. (2) Jumlah kematian akibat tsunami yang dipicu gempa bumi hari Senin di Mentawai meningkat menjadi sekurangnya 113. (3) Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Penanganan Krisis,Departemen Kesehatan,mujiharto hari Selasa (26/10). (4) Ia juga memperkirakan bahwa korban bisa lebih banyak lagi.

  1. Susunan kalimat yang tepat agar menjadi struktur evaluasi yang baik adalah .... 

  1. 1-2-3-4 

  2. 2-3-4-1 

  3. 3-2-1-4 

  4. 2-4-3-1 

Cermati teks berikut! 

Menjamurnya televisi swasta berarti kita semakin mudah menikmati hiburan. Di sinilah kita mesti berhati-hati dalam memilih program yang pas untuk dinikmati. Hendaknya,orang tua juga memperhatikan anak anaknya dalam memilih acara televisi dengan menjelaskan mana yang baik dan mana yang buruk untuk ditonton. 

  1. Tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah.... 

  1. televisi swasta semakin menjamur dan mudah dinikmati 

  2. orang tua harus mengarahkan anaknya dalam memilih acara televisi

  3. acara televisi swasta bervariasi dan pas untuk dinikmati 

  4. orang tua harus berhati hati 


  1. Yang bukan ciri ciri teks tanggapan kritis adalah.... 

  1. menghadirkan opini penulis secara universal 

  2. menggunakan proses penilaian yang objektif dan subjektif 

  3. terdapat pengalaman hidup seseorang 

  4. menunjukan fakta dan data kualitatif atau kuantitatif 


Menyikapi permasalahan tersebut bukan hanya guru yang bertanggung jawab atas ketidakberlangsungan pembelajaran sastra di sekolah.Namun,perlu ditelaah lebih lanjut mengenai kurikulum dari pemerintah yang hanya menempelkan pembelajaran sastra pada pembelajaran Bahasa Indonesia.Tidak dapat dipungkiri juga minat siswa terhadap sastra sangat rendah 

  1. Cuplikan paragraf di atas merupakan salah satu struktur teks tanggapan kritis yaitu.... 

  1. evaluasi 

  2. deskripsi teks 

  3. penegasan ulang 

  4. kesimpulan 


Perhatikan kutipan berikut! 

Di Indonesia masih banyak ditemukan layanan yang terkesan tidak menyeluruh, peralatan kuang canggih, dan dokter-dokter yang terlihat tidak percaya diri. Padahal kalau ditilik secara keseluruhan, RS di Indonesia banyak yang memiliki layanan yang lebih bagus serta peralatan lebih lengkap dan tentu saja lebih murah karena lokasinya dekat. 

  1. Teks tersebut termasuk teks tanggapan kritis bagian.... 

  1. Evaluasi 

  2. Deskripsi teks 

  3. Penegasan ulang 

  4. Refleksi 

  1. Ketika mengkritik, yang tidak boleh kita lakukan adalah .... 

  1. Menunjukkan kekurangan karya seni 

  2. Menggunakan bahasa berkonotasi negatif 

  3. Menawarkan solusi 

  4. Tidak bermaksud menjatuhkan nama baik 


  1. Struktur teks tanggapan kritis terdiri dari .... 

  1. Evaluasi – Deskripsi teks – Penegasan ulang 

  2. Orientasi – insiden – interpretasi – koda 

  3. Identifikasi – Klasifikasi – Deskripsi bagian 

  4. orientasi – komplikasi – resolusi


Perhatikan kalimat kalimat berikut! 

1) Tim penyelamat tengah mencari sampai 500 orang yang hilang termasuk sekelompok wisatawan Australia yang sedang berlayar dalam kapal wisata 2) Jumlah kematian akibat tsunami yang dipicu gempa bumi hari Senin di Mentawai meningkat menjadi sekurangnya 113 3) Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Penanganan Krisis, Departemen Kesehatan, Mujiharto hari Selasa(26/10) 4) Ia juga memperkirakan bahwa korban bisa lebih banyak lagi

  1. Susunan kalimat yang tepat agar menjadi struktur evaluasi yang baik adalah .... 

  1. 1-2-3-4 

  2. 2-3-4-1 

  3. 3-2-1-4 

  4. 2-4-3-1 


  1. Yang tidak termasuk struktur teks tanggapan kritis adalah.... 

  1. Deskripsi teks 

  2. Evaluasi 

  3. Argumentasi 

  4. Penegasan ulang 

Cermati teks berikut! 

Menjamurnya televisi swasta berarti kita semakin mudah menikmati hiburan. Di sinilah kita mesti berhati-hati dalam memilih program yang pas untuk dinikmati. Hendaknya, orang tua juga memperhatikan anak anaknya dalam memilih acara televisi dengan menjelaskan mana yang baik dan mana yang buruk untuk ditonton.

  1. Tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah.... 

  1. televisi swasta semakin menjamur dan mudah dinikmati. 

  2. orang tua harus mengarahkan anaknya dalam memilih acara televisi 

  3. acara televisi swasta bervariasi dan pas untuk dinikmati 

  4. orang tua harus berhati hati 


  1. Perbedaan antara teks eksemplum dengan teks tanggapan kritis dari segi isinya adalah.... 

  1. Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat ilmiah hingga perlu data 

  2. Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat naratif 

  3. Teks eksemplum diawali dengan orientasi sedangkan teks tanggapan diawali dengan insiden 

  4. Teks eksemplum bersifat imajinatif sedangkan teks tanggapan kritis bersifat ilmiah tidak perlu data 


  1. Ketika mengkritik, yang tidak boleh kita lakukan adalah ….

  1. Menunjukkan kekurangan karya seni 

  2. Menggunakan bahasa berkonotasi negatif 

  3. Menawarkan solusi 

  4. Tidak bermaksud menjatuhkan nama baik 


  1. Yang tidak termasuk struktur teks tanggapan kritis adalah... 

  1. Deskripsi teks 

  2. Evaluasi 

  3. Argumentasi 

  4. Penegasan ulang 

Perhatikan data buku berikut! 

Judul Buku : Mawar Cintaku 

Penulis : Adiffa 

Penerbit : PT Angkasa 

Tahun : 2009 Keunggulan: 

1. Isi buku menarik 

2. Bahasa komunikatif 

Kelemahan : Ilustrasi gambar kurang 

  1. Teks tanggapan santun yang tepat berdasarkan ilustrasi data buku tersebut adalah .... 

  1. Buku ini isinya sangat bagus. Selain itu, bahasanya komunikatif. Hanya sayang, kertas yang digunakan terlalu tipis. 

  2. Buku ini isinya sangat menarik dan bahasanya komunikatif. Selain itu, dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku

  3. Cover buku sangat menarik. Selain itu bahasanya bagus. Hanya sayang, kurang dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.

  4. Buku ini isinya sangat bagus. Selain itu, bahasanya komunikatif. Hanya sayang, kurang dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.


Perhatikan data buku berikut!

Judul : Jangan Mau Jadi Pembolos

Penulis : Edi Warsidi

Penerbit : CV Alibaba, Manokwari Tahun : 2010

Keunggulan : Penampilannya lugas dan gaya bahasanya sehari-hari

Kelemahan : Sampul buku kurang sesuai

  1. Teks tanggapan santun yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah …

  1. Buku Jangan Mau Jadi pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasa sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai.

  2. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sampul buku pun sesuai.

  3. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya.Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai dan membuat pembaca jenuh. 

  4. Buku Jangan Mau Jadi pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, kurang berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasa sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai 

Perhatikan data buku berikut! 

Judul Buku : Mawar Cintaku 

Penulis : Adiffa 

Penerbit : PT Angkasa 

Tahun : 2009 Keunggulan: 

1. Isi buku menarik 

2. Bahasa komunikatif 

Kelemahan : Ilustrasi gambar kurang

  1. Teks tanggapan santun yang tepat berdasarkan ilustrasi data buku tersebut adalah .... 

  1. Buku ini isinya sangat bagus. Selain itu, bahasanya komunikatif. Hanya sayang, kertas yang digunakan terlalu tipis.

  2. Buku ini isinya sangat menarik dan bahasanya komunikatif. Selain itu, dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku 

  3. Cover buku sangat menarik. Selain itu bahasanya bagus. Hanya sayang, kurang dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku. 

  4. Buku ini isinya sangat bagus. Selain itu, bahasanya komunikatif. Hanya sayang, kurang dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku. 


Perhatikan data buku berikut! 

Judul : Jangan Mau Jadi Pembolos 

Penulis : Edi Warsidi 

Penerbit : CV Alibaba, Manokwari 

Tahun : 2010 

Keunggulan : Penampilannya lugas dan gaya bahasanya sehari-hari 

Kelemahan : Sampul buku kurang sesuai 

  1. Teks tanggapan santun yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah .... 

  1. Buku Jangan Mau Jadi pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasa sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai. 

  2. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sampul buku pun sesuai. 

  3. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai dan membuat pembaca jenuh. 

  4. Buku Jangan Mau Jadi pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, kurang berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasa sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai. 

Perhatikan identitas berikut! 

Judul : Student Hidjo 

Penulis : Marco Kartodikmoro 

Penerbit : NV Boel handel en Drukkerij Masman dan Stroink, Semarang (1919), Yayasan Aksara Indonesia (2000), Yayasan Bentang Budaya(2000) 

Tebal : 133 halaman (versi Masman dan Stroink) 

  1. Kutipan tersebut merupakan bagian struktur teks tanggapan yaitu konteks karena berisi tentang ... 

  1. Apa yang ditanggapi, di mana, kapan peristiwa terjadi, peristiwa apa, politik, sosial, budaya. 

  2. Bagaimana sesuatu terealisasi/diciptakan atau dihasilkan. 

  3. Apa yang kita pikirkan tentang sesuatu itu 

  4. Identitas buku dan pengarang 


Perhatikan kalimat berikut! 

Milea dan Dylan sama-sama memiliki perasaan yang kuat. Mereka harus berpisah karena keadaan yang tidak memungkinkan mereka untuk bersama. 

  1. Unsur kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah .... 

  1. konjungsi penyebab 

  2. konjungsi temporal 

  3. konjungsi penerang 

  4. kalimat saran 


Perhatikan kalimat berikut! 

Novel ini sangat cocok dibaca oleh para remaja. Novel ini mengandung banyak pelajaran-pelajaran yang bisa diambil oleh kita terutama masalah pergaulan. Para remaja masa kini sebaiknya membaca buku ini sebagai pedoman pergaulan

  1. Unsur kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah ....

  1. konjungsi penyebab 

  2. konjungsi temporal 

  3. konjungsi penerang 

  4. kalimat saran 

  1. Pernyataan berikut yang tidak tepat dipergunakan untuk mengungkapkan kekurangan sebuah puisi dalam teks ulasan adalah .... 

  1. Puisi kontemporer karangan Sutardji Calzoum Bachri memang memiliki gaya bahasa yang sangat khas. Kredo yang diangkat berkenaan dengan mantra-mantra sehingga cukup unik untuk dibaca. 

  2. Banyak puisi-puisi modern yang tidak lagi mementingkan aturan dalam penulisan. Namun, justru dengan terlepasnya aturan penulisan tersebut yang menyebabkan penulis masa kini tidak mengalami keterpenjaraan dalam menulis suatu karya 

  3. Puisi-puisi Chairil Anwar memang sarat akan makna. Namun, banyak sekali puisi-puisinya yang terlampau bebas gaya bahasanya yang terkesan sarkasme sehingga tidak semua puisinya dapat dikonsumsi anak-anak kecil. 

  4. Puisi angkatan kemerdekaan mengungkapkan makna nasionalis dan rasa cinta terhadap bangsa dan menentang masa penjajahan di masa lampau sehingga puisi-puisi zaman itu dianggap sangat berani. 


Perhatikan kalimat berikut! 

Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan, dan kesedihan.

  1. Maksud kalimat tersebut adalah .... 

  1. novel tersebut terdapat banyak gaya bahasa dan mampu

  2. memengaruhi pembaca secara emosi mengikuti isi novel 

  3. novel tersebut bahasanya indah dan terdapat kata-kata yang mengandung sihir yang dapat membuat mereka menangis dan bahagia 

  4. novel tersebut bahasanya berbelit-belit karena penuh dengan majas yang digunakan oleh pengarang 

  5. novel tersebut mengandung kalimat-kalimat yang dapat menguras air mata para pembaca. 

Bacalah teks berikut! 

(1) Buku berjudul Tidur Berbantal Koran merupakan autobiografi pengarangnya, yaitu N. Mursidi. Semua pengalaman N. Mursidi mulai menjadi penjaja koran hingga menjadi penulis dan wartawan ibu kota disajikan dengan jelas dalam autobiografi ini. (2) Sampul buku ini cukup menarik. Tulisan disajikan secara mengalir dan diselingi cerita-cerita pengalaman menarik dan lucu. Bahasa yang digunakan pun mudah dicerna. (3) Satu-satunya kritik terhadap buku ini tertuju pada label yang diberikan penerbit. Pada sampul buku ini tertulis “Sebuah Novel”, padahal pada bagian pendahuluan disebutkan autobiografi. (4) Singkatnya, buku ini akan mendorong pembaca untuk tidak menyerah dalam menggapai mimpi walau seribu kesulitan dan tantangan menghadang. 

  1. Pernyataan berupa keunggulan buku terdapat pada bagian .... 

  1. (1) 

  2. (2) 

  3. (3) 

  4. (4) 


Cermatilah kutipan teks ulasan berikut dengan seksama.

Meskipun disebut sebagai buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi, buku ini nyaris tidak ada hubungannya dengan buku Laskar Pelangi. Sang Pemimpi hanya menyebutkan kata Laskar Pelangi sekali. Keponakan yang Ikal biayai saat di Jawa juga tidak disebut sama sekali dalam buku ini, padahal di novel sebelumnya telah diceritakan dengan jelas. 

  1. Kutipan resensi film tersebut merupakan bagian .... 

  1. identitas 

  2. sinopsis 

  3. keunggulan dan kelemahan 

  4. analisis 

Bacalah paragraf berikut!

Dalam rangka memperingati ulang tahun SMP Negeri 1 Tompasobaru, OSIS SMP Negeri 1 Tompasobaru mengadakan pementasan teater. Pementasan tersebut dihadiri beberapa tamu undangan, guru, pegawai dan siswa siswi SMP Negeri 1 Tompasobaru. Beberapa tamu undangan mengatakan bahwa pementasan tersebut sangat bagus. sementara itu beberapa siswa mengatakan bahwa pementasan tersebut sangat jelek dan tidak pantas untuk dipertunjukkan di depan tamu undangan.

  1. Kalimat kritikan santun yang dapat digunakan untuk mengkritik pementasan teater tersebut adalah.... 

  1. Pementasan teater tadi hanya seperti orang ribut saja. Cerita dalam pertunjukan tadi sulit untuk dipahami. Murid SD pun saya kira dapat melakukannya. 

  2. Tidak sepantasnya pementasan seperti itu dipertontonkan di hadapan banyak tamu undangan. Apakah panitia tidak merasa malu menampilkan pementasan seperti itu. 

  3. Teater dari SMP Negeri 1 Tompasobaru masih perlu berlatih secara intensif lagi agar penampilannya lebih meyakinkan. Jika pembenahan terhadap latihan dilakukan, saya yakin penampilan selanjutnya akan lebih baik. 

  4. Kelompok teater SMP Negeri 1 Tompasobaru sesungguhnya memiliki bakat dalam seni pementasan. akan tetapi, kelompok teater tersebut kurang diperhatikan dan dibiarkan terbengkalai. 


Bacalah kutipan teks tanggapan kritis berikut untuk nomor 77 dan 78! 

Keinginan Pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat khusus kepresidenan sudah lama ada. Sekarang keinginan Pemerintah tersebut sudah direalisasikan meskipun mendapat tanggapan yang beragam dari masyarakat. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak Kamis, 10 April 2014. Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah. Alasan keamanan, keefisienan, keluasan negara, dan kebanggaan merupakan hal yang lebih utama jika dibandingkan dengan data data dari masyarakat yang menolak pembelian itu, sifatnya tampaknya emosional. Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan Presiden yang sangat padat itu. 

  1. Dari teks di atas, yang termasuk ke dalam struktur evaluasi terdapat pada kalimat.... 

  1. Keinginan Pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat khusus kepresidenan sudah lama ada. 

  2. Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan Presiden yang sangat padat itu.

  3. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah. 

  4. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak Kamis, 10 April 2014. 

  1. Dari teks di atas, yang termasuk ke dalam struktur simpulan terdapat pada kalimat.... 

  1. Alasan keamanan, keefisienan, keluasan negara, dan kebanggaan merupakan hal yang lebih utama jika dibandingkan dengan data data dari masyarakat yang menolak pembelian itu, sifatnya tampaknya emosional. 

  2. Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan Presiden yang sangat padat itu.

  3. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak Kamis, 10 April 2014. 

  4. Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan.





Posting Komentar

0 Komentar

Ikuti

Tags

close