Jenis Kalimat yang Biasa Digunakan untuk Kepentingan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan

Berikut contoh masing masing jenis kalimat yang dapat digunakan untuk kepentingan penulisan surat lamaran.


Kalimat sapaan : kalimat sapaan ditujukan untuk menegur sapa seseorang baik secara tunggal maupun jamak. Untuk kepentingan penulisan surat lamaran biasanya digunakan kalimat sebagai berikut.

  1. Yth. Bapak/ ibu pimpinan perusahaan ...
  2. Dengan hormat, sehubungan dengan kedatangan surat ini ....

Ungkapan ketertarikan : kalimat ini ditujukan untuk menunjukkan keinginan atau ketertarikan kita terhadap lowongan pekerjaan yang sedang dicari.

Contohnya sebagai berikut.
  1. Saya sangat tertarik dengan pekerjaan yang Bapak/Ibu tawarkan (sumber informasi lowongan pekerjaan) karena pekerjaan ini menawarkan peluang bagi saya untuk mengembangkan kemampuan yang saya miliki sambil memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
  2. Sehubungan dengan informasi yang saya baca di (sumber informasi lowongan pekerjaan) terkait dengan dibukanya lowongan pekerjaan di perusahaan bapak/ ibu, maka saya bermaksud mengajukan surat lamaran guna untuk mengisi posisi tersebut.

Kalimat perincian : sesuai dengan namanya, kalimat ini terdiri atas perincian contohnya sebagai berikut.
1. Bersama dengan surat ini berikut saya lampirkan fotokopi dokumen administratif :
  • Fotokopi ijazah
  • Fotokopi SKCK
  • Pasfoto ukuran 4 x 6 (2 lembar)
2. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
  • Nama : Laili Amelia
  • Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 24 Januari 1999
  • Jenis kelamin : Perempuan
  • dan seterusnya

Ucapan Pengharapan : ucapan ini merupakan bagian penutup dari surat lamaran, contohnya sebagai berikut.
  1. Sangat besar harapan saya untuk mendapatkan kesempatan wawancara pada perusahaan bapak/ibu sehingga bisa menjelaskan secara detail kemampuan saya.
  2. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan bapak/ibu.

Ucapan terima kasih : ucapan ini merupakan bagian penutup dari surat lamaran, contohnya sebagai berikut.
  1. Atas perhatian bapak/ibu saya ucapkan terima kasih.
  2. Demikian surat lamaran dari saya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar

Ikuti

Tags

close