SOAL DEBAT SMA X
1.
|
Pada
dasarnya, menulis menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berbeda dengan
kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus
.... dengan baik.
|
|
A. |
terlihat |
|
B. |
terstruktur |
|
C. |
terakomodir |
|
D. |
terencana |
|
E. |
teramati |
2.
|
Salah
satu manfaat membuat kerangka debat adalah ....
|
|
A.
|
memudahkan
menjatuhkan lawan debat
|
|
B.
|
menilai
kerja lawan
|
|
C.
|
membuat
argumen-argumen yang tepat
|
|
D.
|
memudahkan
dalam menentukan sebuah topik
|
|
E.
|
memilih
cara damai
|
3.
|
Salah
satu metode yang dapat digunakan dalam debat adalah metode....
|
|
A.
|
langka
|
|
B.
|
menjatuhkan
lawan
|
|
C.
|
mengkritik
lawan
|
|
D.
|
terpatahkan
|
|
E.
|
logika
|
4.
|
Mungkin
sebagian dari kita berfikir bahwa debat merupakan kegiatan mematahkan
pendapat lawan. Sebenarnya debat adalah bagaimana cara kita (debater) membuat
orang lain....
|
|
A.
|
membela
kita
|
|
B.
|
memberikan
yang terbaik
|
|
C.
|
terpengaruh
dan setuju dengan argumen yang disampaikan
|
|
D.
|
membuat
audiens terpukau karna kita mampu menjatuhkan lawan debat
|
|
E.
|
membuat
lawan debat mengamuk.
|
5.
|
Kegiatan
debat yang dilakukan oleh anggota parlemen termasuk jenis debat....
|
|
A.
|
informal
|
|
B.
|
formal
|
|
C.
|
terstruktur
|
|
D.
|
ada
aturannya
|
|
E.
|
terencana
|
6.
|
Kegiatan
adu argumentasi dalam memutuskan masalah dan perbedaan, yang dilakukan dua
pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok. Pernyataan tersebut
merupakan pengertian dari....
|
|
A.
|
debat
|
|
B.
|
argumen
|
|
C.
|
diskusi
|
|
D.
|
seminar
|
|
E.
|
simposium
|
7.
|
Dalam
kegiatan debat, moderator layaknya seorang wasit dalam pertandingan. Untuk
itu, moderator yang dipilih harus....
|
|
A.
|
baik
|
|
B.
|
memihak
salah satu peserta
|
|
C.
|
tidak
mau peduli terhadap jalannya debat
|
|
D.
|
memebuat
suasana memanas
|
|
E.
|
netral
atau tidak memihak salah satu peserta debat
|
8.
|
Pentingnya
membuat kerangka (bagan) untuk sebuah acara perdebatan merupakan salah satu
kewajiaban seseorang .... sebelum melakukan debat.
|
|
A.
|
tim
debat
|
|
B.
|
panelis
|
|
C.
|
lawan
debat
|
|
D.
|
moderator
|
|
E.
|
narasumber
|
9.
|
Dalam
kegiatan debat, kita diberi kesepakatan untuk menyampaikan pendapat atau
snggahan yang ditujukan pada....
|
|
A.
|
narasumber
|
|
B.
|
lawan
debat
|
|
C.
|
moderator
|
|
D.
|
pembicara
|
|
E.
|
penengah
|
10.
|
Salah
satu bentuk perdebatan yang banyak digunakan. Pada paruh waktu pertama
perdebatan, setiap tim memiliki dua segmen untuk menyajikan argumen. Hal
tersebut merupakan pengertian debat...
|
|
A.
|
antartim
|
|
B.
|
publik
|
|
C.
|
formal
|
|
D.
|
bebas
|
|
E.
|
Lincoln-Douglas
|
11.
|
Bentuk
rasa tidak setuju seseorang terhadap gagasan orang lain. Pernyataan tersebut
merupakan pengertian dari....
|
|
A.
|
sanggahan
|
|
B.
|
gagasan
|
|
C.
|
opini
|
|
D.
|
pendapat
|
|
E.
|
fakta
|
12.
|
Berikut
ini kaidah-kaidah yang harus diperhatikan untuk menyampaikan gagasan dalam
debat, kecuali....
|
|
A.
|
sampikanlah
gagasan dengan jelas dan dengan argumen yang masuk akal.
|
|
B.
|
gunakan
kalimat yang efektif yang mudah dipahami audiens
|
|
C.
|
gunakan
bahas yang baik dan benar
|
|
D.
|
sesuai
gagasan dengan topik yang dipedebatkan
|
|
E.
|
gunakan
lafal, suara, dan intonasi yang jelas.
|
13.
|
Berikut
ini termasuk cara-cara untuk menangkap dan menafsirkan topik, kecuali ....
|
|
A.
|
kuasailah
topik yang akan iperdebatkan.
|
|
B.
|
carilah
sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran.
|
|
C.
|
carilah
narasumber yang tepat dan dipercaya.
|
|
D.
|
kupaslah
topik itu secara mendalam
|
|
E.
|
tanggaplah
penafsiran topik pembicaraan debat dengan cara memahami konsep inti yang akan
dibicarakan.
|
14.
|
Sebelum
debat dimulai, harus menentukan topik yang akan diperdebatkan. Topik debat
harus dapat ....
|
|
A.
|
dipertentangkan
|
|
B.
|
dipertanyakan
|
|
C.
|
ditanya-jawab
|
|
D.
|
dianalisis
|
|
E.
|
diambil
hikmatnya
|
15.
|
Berikut
ini termasuk cara-cara untuk menangkap dan menafsirkan topik, kecuali....
|
|
A.
|
kuasailah
topik yang akan iperdebatkan.
|
|
B.
|
carilah
sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran.
|
|
C.
|
carilah
narasumber yang tepat dan dipercaya.
|
|
D.
|
kupaslah
topik itu secara mendalam
|
|
E.
|
tanggaplah
penafsiran topik pembicaraan debat dengan cara memahami konsep inti yang akan
dibicarakan.
|
16.
|
Berikut
ini kaidah-kaidah yang harus diperhatikan untuk menyampaikan gagasan dalam
debat, kecuali....
|
|
A.
|
sampikanlah
gagasan dengan jelas dan dengan argumen yang masuk akal.
|
|
B.
|
gunakan
kalimat yang efektif yang mudah dipahami audiens
|
|
C.
|
gunakan
bahas yang baik dan benar
|
|
D.
|
sesuai
gagasan dengan topik yang dipedebatkan
|
|
E.
|
gunakan
lafal, suara, dan intonasi yang jelas.
|
17.
|
Bentuk
rasa tidak setuju seseorang terhadap gagasan orang lain. Pernyataan tersebut
merupakan pengertian dari....
|
|
A.
|
sanggahan
|
|
B.
|
gagasan
|
|
C.
|
opini
|
|
D.
|
pendapat
|
|
E.
|
fakta
|
0 Komentar