Pembentukan Kata Dalam Bahasa Indonesia

PEMBENTUKAN KATA DALAM BAHASA INDONESIA


Kata Baku dan Tidak Baku

Kata baku merupakan ragam kata yang cara pengucapan ataupun penulisannya sesuai dengan kaidah standar atau kaidah-kaidah yang dibakukan. Kaidah standar yang dimaksud adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempumakan. Kata tidak baku adalah ragam kata yang cara pengucapan atau penulisannya tidak memenuhi kaidah-kaidah standar tersebut.


Kata Berimbuhan

Kata berimbuhan adalah kata yang telah mengalami pengimbuhan (afiksasi). Ditinjau dari letak atáu posisinya,imbuhan dalam bahasa Indonesia dibagi menjadi prefiks (awalan), infiks (sisipan), sufiks (akhiran), dan konfiks (awalan dan akhiran).


Kata Serapan

Kata serapan adalah kata dari bahasa asing atau daerah yang diambil alih kemudian dinaturalisasi menjadi kata dalam bahasa Indonesia. Kata serapan dalam bahasa Indonesia dibagi menjadi dua, yaitu kata serapan yang diserap secara utuh dan kata serapan yang pengucapan dan penulisannya disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia.


Kata Ulang

Kata ulang (reduplikasi) adalah kata yang mengalami perulangan, baik sebagian atau seluruhnya serta disertai perubahan bunyi ataupun tidak.



Posting Komentar

0 Komentar

Ikuti

Tags

close